Ciptakan Pencari Kerja Kompetensi, Edward Candra Buka Pendidikan dan Pelatihan

  • Whatsapp
Pelatihan
Drs. H. Edward Candra, M.H., buka Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan

BATURAJA, Beritategas.com – PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Pembukaan Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Melalui UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten OKU Tahun Anggaran 2022 di Ruangan Aula UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU. Senin (14/2).

Ketua Pelaksana Oleh Kepala UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten OKU Farizal Chandra.,SP.,MM.,dalam laporannya menyampaikan, pembukaan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi Tahun anggaran 2022 dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU melalui UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten OKU.

Bacaan Lainnya

Tujuan pelatihan mendukung program peningkatan kompetensi tenaga kerja produktivitas Tahun Anggaran 2022, menciptakan pencari kerja kompetensi di bidangnya.

Adapun sasaran pelatihan tersedianya peluang kerja baru dengan kesempatan usaha bagi calon tenaga kerja, terbentuknya masyarakat aspiratif inisiatif dan produktif dalam berkesinambungan.

Kegiatan diikuti peserta sebanyak 48 orang yang kesemuanya pencari kerja.

Adapun jurusan pelatihan antara lain tata rias,1 angkatan 16 Orang, jurusan menjahit 1 angkatan 16 orang,tata boga 1 angkatan 16 orang materi pelatihan sebanyak 240 jam,selama 30 hari pelaksanaan pelatihan bertempat di Balai Latihan Kerja Kabupaten OKU, selama 1 Bulan.

PLT Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU Helmi Purnomo, SE., mengatakan, pelatihan ini merupakan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten OKU, Dan terdiri dari pelatihan menjahit, tata rias dan tata boga dengan masing-masing jurusan sebanyak 16 orang orang total peserta 48 orang.

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali keterampilan dan pengetahuan para pencari kerja di Kabupaten OKU, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan produktivitas dan menekan angka pengangguran guna meningkatkan kesejahteraan pencari kerja dan masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, selain pelatihan yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten OKU, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU melalui UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten OKU pada bulan Mei Tahun 2022 juga melakukan pelatihan berbasis kompetensi yang didanai dari APBN dan APBD Kabupaten OKU.

Sementara PLH Bupati OKU dalam sambutannya, sekaligus membuka acara pelatihan, mengatakan, peserta pelatihan sebagai pencari kerja juga memiliki soft skill sehingga dapat bersaing di dunia kerja.

“Pencari kerja harus memiliki berpikiran kritis, kreatif, inovatif dan mampu beradaptasi. Soft skill lain adalah memiliki kemampuan kerjasama, berkolaborasi, manajemen waktu dan memiliki jaringan yang luas,” ujarnya.

Lanjutnya dan tujuan diselenggarakannya pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada generasi muda khususnya masyarakat Kabupaten OKU yang belum memiliki keterampilan.

Masih kata Edward Candra, pelatihan kerja mempunyai peranan penting untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) yang kompetensi yaitu kemampuan untuk menguasai dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan di tempat kerja.

“Salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas para pencari kerja dengan mengikuti kegiatan bertempat di Balai Latihan Kerja (BLK) merupakan salah satu instrumen pengembangan sumber daya manusia yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang produktif sehingga nantinya mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, kompeten,” kata Edward Candra.

Sambungnya, bagi Pemerintah sendiri keberadaan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten OKU.

Lanjutnya, kehadiran peserta dalam pelatihan itu sangatlah memberi arti penting bagi angkatan kerja dan pelatihan ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan keterampilan pekerja di Kabupaten OKU.

“Manfaatkanlah ilmu yang diterima dari kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, agar kompetensi pencari kerja dapat diisi,” pesan Edward Candra.

“Diharapkan pada pelatihan ini terjalin komunikasi yang baik antara para peserta dengan penyelenggara sehingga tugas-tugas yang kita emban dalam rangka mengurangi angka pengangguran di masa depan dapat mengisi kesempatan kerja dengan sebaik-baiknya,” kata Edward Candra.

Acara dilanjutkan dengan dibukanya Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh PLH Bupati OKU Drs. H. Candra, M.H., didampingi oleh Para OPD dan PLH Ketua TP. PKK OKU serta foto bersama.

Turut hadir, Asisten I, Kepala OPD Terkait, PLH Ketua TP. PKK OKU serta undangan lainnya.

Pewarta : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.