Besi Jembatan Dicuri, Bupati OI Minta Polisi Tingkatkan Pengamanan

  • Whatsapp
Besi Dicuri
Bupati Ogan Ilir Panca

INDRALAYA, Beritategas.com – Akibat pencurian yang dilakukan orang tak bertanggung jawab tersebut, membuat sebagian jembatan di Bumi Caram Seguguk julukan Kabupaten Ogan Ilir cepat rusak dan sulit untuk dilalui kendaraan.

“Saya banyak menerima laporan bahwa besi-besi jembatan baik lantai, tiang sering dicuri,” ujar Bupati Panca Wijaya Akbar, Rabu (08/3/2023).

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Bupati meminta kepada jajaran Polres dan Dandim untuk dapat meningkatkan pengamanan dan sosialisasi ke masyarakat.

“Bukan lantainya saja, kadang-kadang besi pondasinya pun digerogoti oleh pencuri”, tuturnya.

Bupati Panca Wijaya Akbar meminta masyarakat untuk menjaga bersama-sama, agar infrastruktur yang ada bisa terawat dan tahan lama.

Bupati yakin, hal ini bukan dilakukan oleh orang yang berada di desa dan Kecamatan tersebut, melainkan orang yang tidak bertanggung jawab di luar Kabupaten Ogan Ilir.

“Mungkin dari Ogan Ilir atau dari desa dan kecamatan tersebut bukan yang merusak fasilitas yang ada, karena mungkin kebanyakan warga dari luar yang merusak fasilitas yang ada. Tapi kalau bisa ini bisa menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menjaganya secara bersama-sama,” harapannya.

Sementara itu, terkait jembatan yang dirusak oleh kendaraan-kendaraan yang bertonase besar, Bupati Panca meminta Kepala Desa (Kades) untuk memasang portal agar kendaraan yang bertonase besar tidak bisa melintas.

“Memang banyak jembatan-jembatan kita yang masih besi, kemarin kita sudah pinta PUPR untuk menambahkan portal, agar angkutan-angkutan yang melebihi muatan atau tonase besar tidak melewati jembatan besi tersebut,” paparnya.

“Karena kenapa, jembatan besi sudah bagus mengakibatkan dengan lalu lalang kendaraan semakin banyak apalagi di daerah Pemulutan. Kemarin saya meminta agar dipasang portal, tapi banyak kades keberatan untuk lakukan hal ini”, sambungnya.

Padahal kata Bupati, diportal bukan menghalangi truk melintas, melainkan paling tidak truknya bisa lewat, tapi jangan berlebihan muatannya.

“Nanti akan ditindaklanjuti dan berkoordinasi pada Kepala Desa. Agar portal tersebut dipasang untuk dilalui muatan besar, tapi tidak melebihi tonase yang ada,” tukasnya.

Pewarta : Junaidi
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.