Berkeliling Kota Solo, Naik Transportasi Wisata

  • Whatsapp
Transportasi
Istimewa

KOTA SOLO, Beritategas.com – Kota Solo selalu nampak menarik untuk dikunjungi. Berbagai pilihan tujuan wisata ada di kota ini. Tersedia wisata kuliner, wisata sejarah, wisata belanja batik, dan masih banyak lainnya. Selain itu Kota Solo juga ramah terhadap wisatawan.

Para wisatawan yang ingin berwisata ke Kota Solo tidak perlu khawatir karena berbagai tempat tujuan wisata mudah diakses. Banyak pilihan alat transportasi yang bisa digunakan untuk berwisata di Kota Solo.

Transportasi Listrik
Merupakan inovasi baru di Kota Solo. Alat transportasi ini merupakan hasil sumbangan dari Tahir Foundation untuk Kota Surakarta.

Model unik dan klasik dengan kapasitas penumpang 7 orang. Tarif untuk menaiki kendaraan listrik yaitu Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah).

Ada tiga rute yang dilalui mobil listrik, yaitu Benteng Vastenburg-Pasar Gede-Keraton Kasunanan-Baluwarti-Batik Kauman; Kampung Batik Laweyan-Sondakan-Pasar Oleh-oleh Jongke-Pajang; Pura Mangkunegaran-Stadion Manahan-Pasar Balekambang-Pasar Depok.

Sepur Batara Kresna
Merupakan alat transportasi untuk berwisata di Kota Solo dengan menggunakan kereta.

Rute yang dilalui KA Batara Kresna, yaitu stasiun Purwosari-Solo Kota-Sukoharjo-Pasar Nguter-Wonogiri. Tiket yang diperlukan yaitu cukup membayar Rp 4.000.

Dengan menaiki KA Batara Kresna kalian akan dapat merasakan pengalaman berkereta berdampingan dengan kendaran bermotor lainnya.

Pasalnya hal tersebut karena KA Batara Kresna melintasi bekas rel di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Selain itu, terdapat juga suguhan pemandangan sudut-sudut Kota Solo beserta bangunan bersejarah. Seperti Loji Gandrung dan Taman Sriwedari.

Naik Sepur Kluthuk
Alternatif lain apabila ingin berwisata menggunakan kereta mengelilingi Kota Solo.

Sepur Kluthuk juga sama seperti KA Batara Kresna yang melintasi bekas rel kereta di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Akan tetapi Kereta ini dapat beroperasi dengan sistem carter.

Hal tersebut sangat cocok apabila ingin berwisata dengan membawa rombongan. Tarif carter Sepur Kluthuk yaitu sebesar Rp3.500.000,00 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) untuk sekali trip selama tiga jam.

Transportasi Bus Werkudara
Di Kota Solo juga terdapat pilihan alat transportasi berupa bus yang unik yaitu Bus Werkudara.

Bus ini sangat unik karena berbeda dengan bus pada umumnya di mana bus ini memiliki dua tingkat ruang. Harga tiket yaitu Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah) apabila ingin menyewa untuk rombongan maka dapat membayar Rp800.000 (delapan ratus ribu rupiah). Adapun titik pemberangkatan bus ini adalah dari Kantor Dishub Surakarta.

Inilah beberapa pilihan alat transportasi untuk berwisata di Kota Solo. Berbagai transportasi tersebut dapat dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Yuk, berkunjung ke Kota Solo dan nikmati transportasi wisatanya!

Pewarta : Joko Purwanto
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.