Wisata Religi Gua Maria Dan Sendang Sriningsih

  • Whatsapp
Wisata Religi Gua Maria Dan Sendang Sriningsih
Wisata Religi Gua Maria Dan Sendang Sriningsih

KLATEN, Beritategas.com – Di Kabupaten Klaten ada Sebuah wisata bernama Sendang Sriningsih, yang menjadikan salah satu lokasi sendang yang ada di perbukitan di kecamatan Prambanan Klaten. Ini sebuah kecamatan yang telah banyak menyimpan objek wisata yang bernuansakan Hindu-Budha seperti candi Prambanan.

Bambang Hari selaku tokoh masyarakat menjelaskan ada sebuah sendang yang bernuansa religi bagi umat Katolik yang sebagai lokasi tempat ziarah yang khas berupa Gua Maria. Dan Sendang Sriningsih menjadi tempat lokasi yang tepat berada di desa Gayamharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Yang rutenya dari Jl. Solo lalu menuju arah candi Prambanan sampai bisa menemukan pom bensin di sebelah kanan jalan selatan ada pabrik susu SGM Kalimosodo. Selanjutnya dari samping pom tersebut ada jalan kecil yang beraspal lalu pengunjung bisa mengikuti jalan tersebut hingga menemukan perbukitan hasil dari 6,5 km perjalanan.

“Gua Maria Sendang Sriningsih merupakan Tugu Wisata Sejarah, Pada mulanya sendang Sriningsih ini bernama Sendang Duren dahulu kala pada tahun 1934 ada seorang pastur yang kemudian ditugaskan di daerah dusun Jali. Selanjutnya beliau berkunjung ke sendang tersebut. Dan Beliau juga disebut sebagai Romo D. Hardjosuwondo, SJ dan pada kala beliau mengunjungi lokasi tersebut beliau sangat tertarik dengan tempat tersebut untuk spiritual. Karena itu dibangunlah tempat ini sebagai tempat berziarah umat katolik dengan mengganti namanya sendang tersebut menjadi Sendang Sriningsih”, jelasnya.

Alasan tersebut berada di atas bukit juga untuk mengingatkan kesengsaran Yesus saat disalib di bukit Golgota. Namun prosesnya di tempat ibadah tersebut juga digunakan untuk lokasi awal mengikuti rute jalan salib. Dan tempat ini juga dirancang dengan sedemikian rupa, dengan tangga yang menanjak, dan juga berisi relief-relief penyaliban Yesus menuju ke Golgota di beberapa, ditiap pemberhentian atau stacik

Goa Maria dan Sendang Sriningsih sebagai Tugu Wisata. Perjalanan Salib Perjalanan jalannya salib akan berakhir ketika menjumpai pertigaan kecil yang mana ke arah patung Yesus disalibkan.

“Lokasi tersebut bernama Bukit Golgota yang menjadi tempat Yesus disalibkan. Dibawahnya salib tersebut ada sebuah tempat untuk berdoa dan menyalakan lilin. Adapun lokasi sendang pada pertigaan tersebut menuju ke kiri yang terdapat Gua Maria Sendang Sriningsih. Air dari sendang Sriningsih tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bagi yang ingin mengambil airnya bisa dengan langsung membuka kran di sebelah kanan belik (mata air). Gua Maria itu sendiri berada di sebelah kanan sendang yang sudah berdovasi. Tempatnya yang sangat nyaman, sejuk, damai, tenang, indah. Ini menggambarkan kedamaian”, tambahnya.

Untuk berdoa yang mana udaranya sangat sejuk berada di bawah pohon besar dan rindang sangat teduh sekali. Di Sebelah kirinya ada sebuah salib besar yang tulisan tertier millennium dan juga dengan dilatarbelakangi bukit yang indah.

Gua Maria Sendang Sriningsih Tugu Wisata. Adalah suatu keunikan tersendiri yang ada di sendang ini yaitu ritual ibadahnya merupakan perpaduan budaya Katolik dan budaya Jawa yaitu ketika misa sedang dilakukan di hari jumat Kliwon yang akan menjadi hari keramat bagi masyarakat Jawa.

“Misa ini juga dilakukan sebanyak 9 kali selama satu tahun. Wisata religi ini juga menjadikan salah satu tujuan wisata yang bisa Anda kunjungi. Apabila Anda belum memiliki kendaraan untuk berwisata, ada tempat yang menyediakan sewa mobil Jogja. Selain itu, di tempat ini juga mempunyai paket wisata yang bisa Anda manfaatkan agar liburan tidak ribet. Mari liburan bersama kami”, pungkasnya.

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.