UNJA Penuh Warna Warni di Harlah Pancasila 2024

  • Whatsapp

JAMBI, Beritategas.com – Bertempat di Lapangan Upacara Universitas Jambi (UNJA), Kampus Mendalo, UNJA menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang ikuti para Wakil Rektor, Ketua Senat beserta anggota, para pejabat, Tenaga Pendidik (Dosen), sebagian mahasiswa hingga seluruh pegawai dilingkungan UNJA, Sabtu (01/06/2024).
Rektor Universitas Jambi (UNJA) Prof. Helmi memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024. Prof, Helmi memakai pakaian adat Sumatra Selatan.

Tahun ini peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045’.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui bahwa setiap tanggal 1 Juni, diselenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Peringatan ini sebagai bentuk Pancasila dalam tindakan dan pelaksanaan pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 berlangsung khidmat. Para peserta upacara memakai pakaian adat nusantara, yang penuh warni warni menambah semaraknya peringatan Harlah Pancasila tahun ini.

Membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Prof. Helmi, berisikan antara lain, patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”. 

Kemudian saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini. 

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila. Bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila, memompa semangat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia”, jelasnya.

Dalam upacara ini, Rektor UNJA Prof. Helmi turut diserahkan penghargaan kepada pemenang Anugerah HUMAS UNJA 2024. Tingkatkan terus publikasinya, sampai bertemu di AHU 2025.

Kunjungi : www.unja.ac.id.

Pewarta : A.Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.