Tumpah Ruah Masyarakat Ikuti Festival Karnaval Keliling 7 Dusun

  • Whatsapp
Festival Karnaval

MAGELANG, Beritategas.com – Ikuti Festival Karnaval Masyarakat Desa Giri Kulon Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, tumpah Ruah memadati sepanjang jalan kelurahan Giri kulon. Minggu (27/08/2023)

Festival Karnaval yany dimulai pukul 07.00 WIB ini dibuka oleh Kepala Desa Giri Kulon Asdat Imam Ukir, untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 78, yang diikuti sekitar 15 kelompok terdiri dari tujuh (7) Dusun dan ditambah beberapa peserta dari Desa lain, jumlah yang mengikuti karnaval sekitar lima ribu (5.000) peseta Karnaval.

Bacaan Lainnya

Asdat Imam ukir ketika di wawancarai oleh Beritategas.com menuturkan, karnaval ini guna memperingati dan mengenang Para pjuang dan para ulama yang gugur untuk memerdekakan Republik Indonesia.

Asdat Imam ukir juga menjelaskan, Karnaval yang digelar di Desa Giri Kulon, tadi pagi juga mengadakan perrunjukan berbagai kesenian budaya, yang diikuti dari mulai Pelajar SD, SMP, SMA dan semua masyarakat Desa Giri kulon Kecamatan Secang Kabupaten Magelang.

Kepala Desa giri kulon, Asdat Imam Ukiryang dibantu semua perangkat Desa juga menjelaskan, setelah karnaval mengeliling tujuh Dusun.

“Dari dusun Tanggulangi menuju giri Kluwek, Giri kulon, dusun Plikon, dusun Piyamanan, dusun Kuwaraan dan diakhiri finis di dusun tempuran,” jelasnya,

Setelah berkumpul di lapangan Tempuran dilanjutkan Penilaian masing masing peserta dan pembagian Doorfriece yang di bagikan secara diundi.

Sebelum pembagian doorfreice dilakukan Pentas kesenian dan dinilai, Juara 1 sampai juara 3 dan dilanjutkan dengan Lomba Kampung Paling Terjorok, di kelurahan Giri kulon, yang dinilai langsung oleh Kepala desa Giri kulon, Dusun paling terjorok akan mendapatkan Hadiah, berupa bukti kejorokanya.

Semua Kadus dipanggil untuk menyaksikan, dusun mana yang dinilai paling terjorok di Desa giri kulon.

“Kadus Gri kluweh dusun paling juara terjorok dan Kadusnya akan mendapatkan Sanksi tidak dikasih Bonus selama ( 6) enam bulan,” tegas Kepala desa giri kulon.

“Hal ini untuk memberikan motivasi agar kedepanya masyarakat di Desa Giri Kulon agar selalu hidup bersih dan sehat,” imbuhnya.

Asdat Imam Ukir selaku Kepala desa Giri kulon juga mengapresiasi Kepada Dusun Plikon dikarenakan bisa menampilkan Bendera Merah Putih Sepanjang 200 meter dengan Lebar 2 meter, yang di bawa kurang lebih 60 Orang dan dibentangkan berjalan mengelilingi tujuh dusun di Desa Giri kulon kecamatan secang Kabupaten magelang.

Juara pertama Karnaval, dari dusun Plikon Desa Giri kulon mendapatkan 1 satu ekor Kambing dengan membentangkan 200 meter dengan lebar 2 meter bendera merah putih terpanjang di Kabupaten Magelang selama Karnaval 2023.

Kepala Desa dan masyarakat Desa Giri Kulon merasa Senang dan gembira karena Untuk memperingati HUT kemerdekaan RI yang ke 78 taun 2023 bisa membikin dan membentangkan bendera merah putih sepanjang 200 meter,”berkat kerjasama dan kegotong royongan Desa Giri kulon ditahun yang akan datang masyarakatnya akan lebih bertambah semangat agar terus melaju untuk menciptakan Indonesia Maju,” pungkasnya.

Pewarta : Bambang Kuntono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.