Terkait Pembangunan Pedestrian, Tidak Ada Ganti Untung, Ini Penjelasan Kabid CK PUPR Jambi

  • Whatsapp

JAMBI, – (Beritategas) – Untuk memperindah pintu gerbang masuk ke Kota Jambi, Pemerintah Kota Jambi akan membangun pedestrian di kiri kanan jalan yang rencananya akan dimulai dari bandara hingga Jalan Jenderal Sudirman, Thehok, Kota Jambi.

Pekerjaan pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman Thehok, Kota Jambi kini mulai dikerjakan oleh Pemerintah Kota Jambi dengan dana pinjaman dari PT SMI yang berkisar Rp 35 miliar.

Rencananya, pembangunan pedestrian tersebut akan dibuat dengan ukuran 4,5 meter dari bibir jalan sepanjang 2 kilometer.

Kepala Dinas PUPR Kota Jambi melalui Kepala Bidang Cipta Karya PUPR, Momon mengatakan,”sosialisasi pekerjaan tersebut telah dilaksanakan dengan melibatkan pihak camat dan lurah setempat,” kata Kabid Cipta Karya PUPR Kota Jambi, Kamis (17/6/2021).

“1,2 meter untuk drainase yang dapat dimanfaatkan sebagai badan jalan. 1,3 meter untuk kanstin dan sisanya diperuntukan pedestrian. Itu rencananya,” ujarnya.

Masih kata Momon, pembangunan itu akan dilaksanakan pada sisi kiri dan kanan jalan. Pekerjaan tersebut telah dilaksanakan sejak sepekan yang lalu dengan pagu anggaran sekitar Rp 35 miliar.

Momon menegaskan, tidak ada ganti untung dalam pekerjaan tersebut terhadap lahan masyarakat yang terkena imbasnya. “Namun jika bangunan yang terkena imbas maka akan kami bangun ulang seperti semula namun mundur ke belakang,” terangnya.

“Teknis tersebut akan kami bicarakan bersama dengan Instansi terkait. Nantinya, kita akan mengambil keputusan yang terbaik dan yang jelasnya untuk peruntukan ganti untung lahan tidak ada,” imbuhnya.

Lanjutnya, untuk sejauh ini proses pembangunan baru sebatas penggalian parit. Momon mengakui adanya masyarakat yang pro dan kontra terkait pembangunan ini.

Pembangunan pedestrian itu dilaksanakan karena daerah tersebut adalah merupakan jalan utama gerbang masuk menuju Kota Jambi dari bandara.

“Pembangunan pedestrian tersebut bertujuan memperindah Kota Jambi, oleh karena itu Pemerintah Kota Jambi membutuhkan dukungan dari masyarakat di dalam hal pembangunan pedestrian tersebut,” tutupnya.

Reporter : Harvery
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.