Tanam Bawang Merah, PJ Bupati OKU: Desa Tungku Jaya Mempunyai Potensi

  • Whatsapp
Bawang Merah
Penanaman Bawang Merah Di Desa Tungku jaya

BATURAJA, Beritategas.com – PJ Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), H. Teddy Meilwansyah, Bersama Kelompok Tani Bawang Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap Melakukan Penanaman Bawang Merah Bertempat di Desa Tungku Jaya, Jum’at (17/02/23).

PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, sangat mengapresiasi kelompok tani di desa Tungku Jaya, disebutkan PJ Bupati OKU bawang menjadi salah satu komoditi yang bisa meningkatkan Inflasi bahkan menjadi penyumbang terbesar inflasi.

Bacaan Lainnya

“Penanaman bawang merah yang dilakukan kelompok tani Di Desa Tungku Jaya ini sangat luar biasa”, ujarnya.

Menurut Teddy, Desa Tungku Jaya mempunyai potensi yang sangat luar biasa dalam budidaya bawang merah.

Untuk itu Teddy meminta agar Dinas Pertanian OKU bisa maksimal membantu dalam pengembangan bawang merah ini.

“Dinas Pertanian saya minta all out, kalau bawang merah ini berhasil bisa jadi proyek percontohan nasional, tinggal kita bagaimana usaha agar bawang ini bisa berhasil”, tegasnya.

Disebutkan Teddy, hasil penanaman bawang di Desa Tungku Jaya ini sangat luar biasa, dalam 1 hektar bisa mencapai 14 ton. Luar biasa hasilnya, apa lagi nanti kita bisa melakukan intervensi hasilnya bisa lebih dari 14 ton.

“Saat ini untuk penyediaan bawang merah kita masih tergantung dengan daerah luar. Mudah-mudahan dengan hasil penanaman ini kita tidak bergantung lagi dengan daerah luar”, harapnya.

PJ Bupati berharap Kecamatan Sosoh Buay Rayap dapat menjadi sentra produksi bawang merah.

Penanaman bawang merah ini juga lanjutnya sesuai dengan program yang digalakan Gubernur Sumsel H Herman Deru yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GMSP).

“Ini sangat sejalan dengan gerakan sumsel mandiri pangan, nanti jika ini berhasil kita juga akan meminta seluruh pegawai di OPD untuk menanam bawang ini di rumah masing-masing minimal bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari”, ujar dia.

PJ Bupati optimis apa yang sedang dilakukan ini bisa mencapai hasil maksimal, untuk itu Bupati meminta kepada Dinas Pertanian terus melakukan pembinaan secara rutin kepada kelompok tani yang akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan petani.

Penanaman bawang ini dihadiri oleh, Asisten, OPD Terkait, Plt. Camat Sosoh Buay Rayap, Danramil, kapolsek Sosoh Buay rayap, para Kades, BPD, ketua Kelompok tani makmur desa tungku jaya serta tamu undangan lainnya

Pewarta : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.