SMPN 2 Indralaya Selatan Gelar Market Day, Bazar Produk Karya Siswa

  • Whatsapp
Market Day
Foto Bersama

INDRALAYA, Beritategas.com – SMP Negeri 2 Indralaya Selatan menggelar Market Day, berupa bazar produk karya siswa yang digelar di halaman sekolah, kamis (16/3/2023).

“Alhamdulillah sekolah kami di tahun ini terpilih menjadi salah satu sekolah penggerak”, Kata kepala Sekolah SMPN 2 Indralaya Selatan Kartina, M. dp.

Kegiatan ini merupakan salah satu program sekolah penggerak untuk membentuk sikap siswa agar lebih mandiri, Kreatif, inovatif dan juga belajar berwirausaha.

“Serta belajar bagaimana cara memasarkan produk kepada teman, guru maupun masyarakat luar”, kata Kartina.

Para siswa menyiapkan dagangannya. Setiap kelas memiliki lapak dagangannya sendiri yang menyajikan tema menu makanan khas daerah ataupun hasil karya seni budaya.

“Sebagian siswa bertugas menjajakan barang dagangan, sebagian siswa melayani pembelian dan sebagian lagi menerima pembayaran”, jelas Kartina.

Tak hanya bermacam hasil produk karya buatan siswa di pamerkan di sana juga bermacam kegiatan Ekstrakurikuler sekolah ditampilkan.

“Di sekolah kami juga mempunyai berbagai macam kegiatan Extrakurikuler yaitu seperti tari papak rajek, tari massal. Pencak silat, karate, futsal, PMR dan juga pramuka.

Kartina berharap nantinya pelajar tersebut bisa lebih kreatif dalam mengembangkan diri.

“Saya berharap anak -anak didik saya, setelah mereka terlepas dari dunia pendidikan tidak hanya berpikir akan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tetapi menjadi pengusaha juga bisa”, tegas Kartina.

Di waktu yang sama Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Ogan ilir Sayadi. S.Sos., melalui kepala bidang pembinaan SMP DInas Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir, Hartawan mengatakan bahwa Dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“saya atas nama kabid pembina kabupaten Ogan ilir, sangat berapresiasi dengan kegiatan ini. karena bisa membentuk karakter dan mental anak didik yang baik dan kuat ke depannya. Sehingga anak bisa berkreasi, bisa membuat produk dan menjualnya. Harapan saya kegiatan hari ini betul-betul bisa memberikan bekal bagi anak-anak, termasuk didalam membentuk mental kewirausahaan,” ungkapnya.

Salah satu siswi SMP Negeri 2 Indralaya selamat ulang Ayu Ningsi mengaku merasa senang bisa ikut kegiatan Market Day ini.

“Saya merasa senang dengan adanya Market Day ini, sebab saya bisa belajar berjualan.Nanti bisa saya kembangkan di rumah, bisa untuk usaha kecil-kecilan,” ujarnya.

Turut hadir di acara tersebut Kepala bidang pembinaan Hartawan, kabid pembudayaan Rita Isnaini, kepala desa Tebing Gerinting selatan Hijazi dan juga kepala sekolah yang ada di lingkungan sekitar kecamatan Indralaya Selatan. Baik itu sekolah SMP dan SD. Serta kapsek SMP dari kecamatan Payaraman.

Pewarta : Rosita
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.