Semarak Ramadhan UNJA di FKIK, Bukber dan Tadarus Setiap Hari di Masjid Ar-Razi

  • Whatsapp

JAMBI, Beritategas.com – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi (UNJA) menggelar kegiatan buka bersama, tarawih berjamaah, tadarus, dan kajian kultum setiap harinya selama bulan Ramadhan di Masjid Ar-Razi FKIK UNJA.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi lintas Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) FKIK dan pengurus Masjid Ar-Razi FKIK UNJA, serta terbuka untuk umum bagi civitas akademika UNJA dan masyarakat sekitar. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak Ramadhan tahun lalu, dimana tahun ini menjadi tahun kedua kegiatan ini dilaksanakan.

Bacaan Lainnya

Dr. Armaidi Darmawan, M.Epid., selaku dosen FKIK UNJA dan pengurus Masjid Ar-Razi FKIK UNJA mengatakan bahwa masjid yang terletak di lingkungan FKIK UNJA ini  merupakan masjid baru, sehingga pelaksanaan buka bersama baru dilakukan tahun ini, ungkapnya Selasa (19/03/2024).

“Masjid ini baru selesai dan siap digunakan pada tahun lalu, Ramadhan pada tahun 2023 lalu kegiatan buka bersama seperti ini mengharuskan mahasiswa dibagi sebagian di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi, dan sebagian lagi di Masjid Ar-Razi FKIK UNJA ini. Tahun sekarang allhamdulillah semua mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan ini di Masjd Ar-Razi FKIK UNJA,” tutur Dr. Armaidi.

Beliau juga menyampaikan bahwa pengurus pelaksanaan kegiatan ini memang murni dari mahasiswa.

“Disini kita tidak memanggil ustad, ceramah kultum singkat dan imam pada kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa. Sehingga mahasiswa dapat belajar melalui kesempatan kegiatan ini,” jelasnya.

Arianto, Mahasiswa Prodi Psikologi FKIK selaku Ketua Organisasi Lembaga Dakwah (LD) FKIK UNJA juga menegaskan bahwa pada kegiatan ini mengutamakan mahasiswa sebagai pelaksananya.

“Kita mengutamakan mahasiswa, ini tidak terbatas. Siapa pun mahasiswa yang ingin dan berminat menjadi imam, bilal, dan kultum pada kegiatan ini dipersilahkan. Dewan Kemakmuran Masjid membuka sistem pendaftaran seperti rekrutmen, untuk teman-teman mahasiswa yang berkenan. Bahkan ada beberapa jadwal yang kita minta dari teman-teman mahasiswa di Mendalo,” jelasnya.

Arianto mengharapkan para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini merasakan banyak manfaat, terutama bagi mahasiswa rantauan yang jauh dari keluarga.
Dengan adanya program ini, bisa mempermudah para mahasiswa menjalani ibadah Ramadhan dan dapat menjalin silaturahmi antar sesama serta saling mengenal dari berbagai Prodi dan Fakultas yang ada di UNJA.

Kunjungi : www.unja.ac.id.

Pewarta : A.Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.