Saparan Merti Dusun Sawit Gelar Kesenian Wayang Kulit

  • Whatsapp
Wayang Kulit

MAGELANG, Beritategas.com – Merti Dusun yang dilakukan seluruh Masyarakat ngablak Kecamatan ngablak Kabupaten Magelang, Setiap Bulan sapar selalu melakukan Ritual Adat “Merti Dusun”, untuk melestarikan adat turun menurun dan selalu menjaga dan melestarikan peninggalan nenek moyangnya.

Kepala Desa giri Rejo menjelaskan, merti dusun yang dilaksanakan di Dusun Sawit Desa giri Rejo kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang yang dilakukan Pada Bulan sapar diadakan rutin tiap tahun sekali. Rabu (30/08/2023).

“Kegiatan ini tujuannya agar masyarakat selalu menjalin kebersamaan dan kerukunan mengeratkan tali silaturahmi agar selalu hidup rukun dan damai,” ujarnya.

Acara Merti desa dalam artinya, selalu mengucapkan pujisyukur kepada Allah SWT yang selalu memberikan kesehatan dan memberikan keselamatan bagi masyarakat Desa Giri rejo.

Kegiatan Merti Dusun yang dilakukan masyarakat dusun Sawit desa Giri Rejo adalah melakukan kerja bakti, bersih bersih dusun dan membersihkan tempat ibadah serta besih-bersih makam.

“Masyarakat Dusun Sawit juga melakukan ritual mengadakan doa bersama untuk para leluhurnya yang sudah tiada dan juga berdoa bersama agar semua masyarakatnya selalu diberikan kemudahan sehingga hasil taninya bisa melimpah,” tambahnya.

Kegiatan Merti dusun juga dihadiri Camat Ngablak Pujo Ihtiarta .S.IP.M.PA. dan juga dihadiri Polsek ngablak Iptu suhartoyo beserta jajaranya dan juga dari Koramil Ngablak dan tokoh masyarakat dusun Sawit desa Giri rejo Kecamatan Ngablak.

“Pada acara Merti dusun ini juga menampilkan kesenian wayang kulit sehari semalam dan masyarakat Dusun sawit juga menyediakan Openhouse kepada tamu yang hadir maupun masyarakat yang datang menyaksikan kesenian wayang kulit,” Jelasnya.

“Berkat kesiapan pengamanan dari Polsek Ngablak dan dari koramil Ngablak serta kebersamaan masyarakat Sawit maka acara berjalan aman dan sukses,” Pungkasnya.

Pewarta: Bambang Kuntono
Pewarta: Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.