Ribuan KPM Kecamatan Rantau Bayur Terima Bantuan Beras, Camat Ucapkan Terima Kasih

  • Whatsapp

BANYUASIN, Beritategas.com – Lebih kurang 4279 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 21 desa dalam Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin, menerima bantuan beras cadangan pangan dari Pemerintah Pusat Bantuan tersebut berupa beras 10 Kg dan diharapkan bisa mengurangi beban warga.

Bantuan cadangan dari Pemerintah Pusat ini disalurkan langsung dari pihak Pos Indonesia dihalaman Kantor Kecamatan Rantau Bayur, yang mana pada kesempatan itu Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam secara simbolis menyalurkan langsung bantuan tersebut kepada salah seorang KPM.

Bacaan Lainnya

Camat Rantau Bayur Syaiful Azwar.S.Sos MSi ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa bantuan cadangan pangan dari Pemerintah Pusat ini selama periode Januari-Juni 2024.

“Bantuan beras sebanyak 10 kilogram per KPM setiap bulan itu diharapkan bisa mengurangi beban pengeluaran warga di tengah tingginya harga bahan pokok,” kata Camat Rantau Bayur Syaiful Azwar, Rabu (1/2).

Selaku Camat, Syaiful Azwar mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang telah memberikan bantuan tersebut kepada masyarakat Rantau Bayur dan momen ini sangat pas karena saat ini Rantau Bayur sedang dilanda banjir.

“Momen ini sangat pas karena saat ini wilayah Rantau Bayur sedang dilanda banjir dan masyarakat sangat kesulitan ekonominya. Semoga selain bantuan dari Pemerintah Pusat juga ada bantuan dari Pj Bupati Banyuasin,” ucap dia.

Terkait bantuan cadangan pangan ini Camat Syaiful Azwar menyebut bahwa
Bulog mendapatkan penugasan pemerintah menyalurkan bantuan beras dari Badan Pangan Nasional (Bapanas). Bantuan diserahkan untuk alokasi selama enam bulan yang dibagi atas dua tahap, yaitu Januari-Maret dan April-Juni.

“Penerima bantuan beras dari Pemerintah itu merupakan keluarga tidak mampu. Bulog mendapatkan data penerima dari Bapanas yang bersumber dari data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) milik Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK),” ungkap dia.

Adapun tujuan dari program bantuan pangan ini, kata Syaiful Azwar, untuk membantu mengurangi beban biaya belanja bahan pokok penerima dan menangani kemiskinan ekstrem. Selain itu, bantuan ini juga diharapkan bisa berkontribusi mengurangi tekanan harga beras dan mengendalikan laju inflasi.

”Sehingga kalau terjadi kenaikan harga beras atau laju inflasi, keluarga penerima manfaat atau masyarakat yang berada di garis kemiskinan ini bisa sedikit dilindungi dari dampak inflasi,” tutur dia.

Sementara salah seorang KPM yang menerima bantuan tersebut mengatakan, beras 10 kg yang disalurkan Pemerintah dapat sedikit membantu kebutuhan keluarganya. Apalagi, saat ini harga beras dan kebutuhan pokok lainnya sedang melambung.

”Bisalah meringankan beban keluarga apalagi saat ini kondisi di desa sedang dilanda banjir sehingga masyarakat saat ini semua dalam kesulitan ekonomi karena susah untuk bekerja,” ungkap dia.

Pewarta : Maisaro
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.