Polres Muba Menerima Pendaftaran Taruna/Taruni Akpol, Bintara dan Tamtama Polri

  • Whatsapp

SEKAYU, Beritategas.com – Di Hari ke- 4 pasca Idul Fitri 1445 H, hari Senin (15/04/2024), Penerimaan taruna/Taruni Akpol, Bintara dan Tamtama Polri tahun anggaran 2024 dibuka kembali yang pelaksanaannya dilaksanakan di ruang Bagian Sumber Daya Manusia (Bag SDM) Polres Musi Banyuasin (Muba).

Penerimaan untuk menjadi anggota polri sendiri dibagi dalam dua gelombang, gelombang pertama adalah penerimaan Taruna dan Taruni Akpol yang pelaksanaan pendaftaran online dan verifikasi tanggal 25 – 28 Maret 2024, tanggal 30 Maret 2024, tanggal 1-7 April 2024 disambung kembali setelah libur Idul Fitri tanggal 15 – 19 April 2024.

Bacaan Lainnya

Sedangkan untuk gelombang II Penerimaan Bintara dan Tamtama Polri, pendaftaran online dan verifikasi dilaksanakan pada tanggal 4 – 7 April 2024, setelah libur Idul Fitri dilanjutkan pada tanggal 16 – 18 April 2024, yang kemudian pada tanggal 20 – 28 April 2024 dilanjutkan dengan pendaftaran online, Verifikasi dan rikmin (pemeriksaan administrasi) awal.

Kapolres Muba AKBP Imam Safii Sik. Msi. melalui Kabag SDM Kompol Ali Rojikin SH.MH. saat dibincangi wartawan hari Rabu (17/04/2024) disela-sela kesibukannya mengawasi kegiatan penerimaan calon anggota polri di Polres Muba menjelaskan bahwa rekrutmen untuk menjadi anggota polri tahun anggaran 2024 dilaksanakan secara terpadu, yaitu rekrutmen Akpol, Bintara dan tamtama polri, untuk Bintara polri sendiri masih terbagi dalam 3 kelompok, yaitu Bintara PTU (Polisi tugas umum), Bakomsus (Bintara kompetensi khusus) dan Bintara Rekpro (Rekrutmen Proaktif). Dan Bakomsus masih dibagi dalam 4 kelompok yaitu Bakomsus tenaga Kesehatan (nakes), Bakomsus Hukum, Bakomsus Kehumasan/Tekhnologi Informatika (IT) dan Bakomsus Pariwisata.

“Sedangkan untuk Bintara Rekpro pendaftaran dilaksanakan di Polda, polres hanya mengarahkan,” Jelasnya.

Dijelaskan, hingga saat ini Rabu (17/04/2024) data animo rekrutmen anggota polri di polres Muba yang tercatat untuk Akpol 3 orang laki-laki, Bintara PTU sebanyak 93 orang, laki-laki 79 orang, wanita 9 orang dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 5 orang, Bakomsus sebanyak 1 orang untuk Bakomsus Kehumasan/TI, dan Tamtama sebanyak 5 orang, yang tms sebanyak 1 orang jadi hanya 4 orang.

“Sedangkan data yang telah diverifikasi untuk Akpol sebanyak 3 orang laki-laki, Bintara PTU laki-laki sebanyak 39 orang, wanita 9 orang dan Tamtama 4 orang,” Ungkap Ali.

Ali Rojikin juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan percaya jika ada pihak yang menjanjikan kelulusan dengan meminta imbalan, karena masuk polisi gratis.

“Jangan percaya calo, percayalah dengan kemampuan diri sendiri. Dan dalam rekrutmen polri ini kami menggunakan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) clear and clean, karena kami melibatkan pengawas Internal dan Eksternal,” ujarnya.

Untuk Pengawas Internal dari Propam (profesi Pengamanan), Siwas (Seksi Pengawasan) dan Sidokes (Seksi kedokteran dan kesehatan).

“Sedangkan pengawas Eksternal kami melibatkan Dinas pendidikan kaitan dengan ijazah, Dukcapil kaitan dengan kependudukan, Disperindag kaitannya dengan tera dan LSM selaku pengawas dari masyarakat,” Tambahnya.

Pewarta : Amran
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.