Cegah Stunting, sekda Banyuasin buka Gelar Festival Pempek dan Lomba Masak Serba Ikan

  • Whatsapp

PANGKALAN BALAI, Beritategas.com – Festival Pempek dan Lomba Masak Serba Ikan dalam rangka Gerakan Makan Ikan (GEMARIKAN) Tahun 2024 resmi dibuka di Graha Sedulang Setudung, Banyuasin, pada hari Rabu (6/3).

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Banyuasin, Ir. Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA IPU ASEAN ENG, mewakili Penjabat Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam SH.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Erwin Ibrahim menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif karena bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini.

Ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik, seperti protein, asam lemak omega 3 dan 6, yang bermanfaat bagi kesehatan ibu, pembentukan otak janin, dan pertumbuhan anak.

Selain itu, GEMARIKAN juga bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan dan kesejahteraan pelaku usaha pengelolahan ikan di Banyuasin.

Topografi Banyuasin yang didominasi oleh wilayah perairan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan dan membudidayakan ikan.

“Ikan dapat diolah dengan berbagai cara sehingga menarik untuk dikonsumsi,” ujar Erwin Ibrahim. “Diversifikasi olahan ikan seperti bakso dan lain-lain dapat mencegah kejenuhan dan meningkatkan minat masyarakat untuk makan ikan.”

PJ Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Hj Maria Ivone Triana Rustam, juga menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ini.

“TP PKK Kabupaten Banyuasin sangat mendukung giat tersebut, karena dapat mencegah angka stunting dan lain sebagainya,” terangnya.

Festival Pempek dan Lomba Masak Serba Ikan ini diikuti oleh berbagai peserta dari seluruh Banyuasin. Para peserta lomba menunjukkan keahlian mereka dalam mengolah ikan menjadi berbagai hidangan yang lezat dan menarik.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya makan ikan dan mendorong pengembangan usaha pengolahan ikan di Banyuasin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Banyuasin Dr. Ir. Septifitri MM mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 25 peserta dari 21 kecamatan dan 4 organisasi wanita di Banyuasin.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat Banyuasin semakin gemar makan ikan. Sebab ikan kaya manfaat untuk mencegah stunting,” ujarnya.

Kegiatan ini mendapat support dari Bank Sumsel Babel Cabang Pangkalan Balai dengan memberikan uang pembinaan kepada para pemenang dan doorfrize kepada peserta yang beruntung.

Pewarta : Maisaro
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.