Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Berkelanjutan

  • Whatsapp

KAYU AGUNG – Camat Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar, harapkan program kegiatan pemberdayaan masyarakat Kelurahan terus berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan Iskandar saat menghadiri pembukaan sosialisasi kelompok Dasa wisma Kelurahan Jua Jua Kecamatan Kota Kayuagung. Kamis (12/11/2020).

Bacaan Lainnya

Di Hadapan seluruh kelompok dasa wisma dan kader pkk yang hadir, Iskandar mengatakan, pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat kelurahan Jua Jua sedikit berbeda (dengan kelurahan lain).

“Kemarin kelompok bapak-bapak yang mengikuti kegiatan monografi dan hari ini ibu-ibu dasawisma,” katanya.

Iskandar berharap keberadaan kader yang hadir menerima materi, menerima berkah sebagai motor penggerak dalam kegiatan dasa wisma, PKK dan sosial menopang kegiatan kelurahan dan memberdayakan masyarakat kelurahan jua jua.

“Kami berharap, kegiatan pemberdayaan pada tahun 2020 lancar dan agar kegiatan pemberdayaan tahun 2021 semakin solid dan berkelanjutan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Iskandar mengingatkan pada peserta yang hadir agar tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak

“Mari sampaikan ide kreatif untuk kemajuan dan pemberdayaan kedepan. Hal-hal yang positif. Apa program kedepan. Berikan saran masukan, demi kemajuan bersama,” katanya.

Sementara Burniat Lurah Jua Jua mengatakan, kegiatan hari ini bertujuan memberikan pemahaman pada kelompok dasa wisma kelurahan Jua jua, meningkatkan pola pikir SDM kelompok dasa wisma dan mendorong peran aktif segenap dasa wisma dalam mendukung terwujudnya upaya sosialisasi tersebut.

“kegiatan ini diikuti 60 orang peserta,” ungkapnya.

Masih kata Burniat, dengan kegiatan ini, kedepan dasa wisma PKK bukan hanya menjadi pengumpul data, penyuluh dan memberikan informasi tetapi menjadi penggerak di masyarakat.

“Dengan begitu keberadaan dasa wisma akan mempermudah koordinasi dengan jaringan, sehingga program-program pkk maupun melibatkan pkk dapat berjalan tepat sasaran untuk memajukan SDM juga kemajuan lingkungan diawali dari keluarga sehat,” terang Burniat.

Lanjutnya, sebelumnya pihaknya juga telah menggelar bimbingan teknis monografi bagi seluruh kepala lingkungan, RT kelurahan Jua jua dan P2UKK berjumlah 20 orang pada 10 November 2020 lalu.

Kegiatan tersebut masih kata Burniat, bertujuan memberikan pemahaman tentang monografi kelurahan Jua jua, memberikan acuan bagi segenap pihak dan pemangku kepentingan dalam pengembangan membuat monografi kedalam langkah-langkah kebijakan program yang nyata dapat diterapkan dimasyarakat, serta mendorong peran aktif segenap komponen dalam mendukung upaya terwujudnya bimtek.

“Tentunya, diharapkan dengan kegiatan tersebut bisa meningkatkan SDM yang berhubungan langsung dengan nilai-nilai pembuatan monografi kelurahan Jua jua dan dapat menciptakan data kelurahan yang akurat,” tutupnya.

Reporter : Nurlis Oktori
Editor : Firman

Pos terkait

banner 300600banner 300600

Tinggalkan Balasan