PLH Bupati OKU Setuju Inovasi Aplikasi Damkar OKU

  • Whatsapp
Inovasi
H. Teddy Meilwansyah Memimpin Rapat Paparan Program dan Kegiatan Tahun Anggaran 2022

BATURAJA, Beritategas.com – PLH Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), H. Teddy Meilwansyah Memimpin Rapat Paparan Program dan Kegiatan Tahun Anggaran 2022 oleh Damkar, Pol PP, dan Kesbangpol Kabupaten OKU, di Ruang Bina Praja Pemkab OKU. Selasa (5/04).

Kadin Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten OKU, Aminilson, S.Sos., menyampaikan dari Damkar sendiri memiliki rencana inovasi diantaranya aplikasi android terkait laporan kebakaran dan meningkatkan peran medsos sebagai alat edukasi/sosialisasi (Instagram, Facebook, Website, dll).

Bacaan Lainnya

Sementara itu dari Satpol PP Kabupaten OKU, menyampaikan bahwa terdapat 2 program Pol PP Kabupaten OKU diantaranya program penunjang urusan Pemerintah Daerah, dengan kegiatan diantaranya perencanaan, penganggaran, dan evaluasi kinerja perangkat daerah, dan administrasi keuangan perangkat daerah, serta penyediaan jasa penunjang urusan Pemerintahan Daerah.

Program peningkatan ketentraman dan ketertiban umum, dengan kegiatan diantaranya pencegahan gangguan ketentraman dan ketertiban umum dan penegakan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota dan Peraturan Bupati/Walikota.

Badan Kesbangpol Kabupaten OKU Taufik, S.H, M.M., menyampaikan beberapa program dan kegiatan Kesbangpol Kabupaten OKU Tahun Anggaran 2022 diantaranya, program penunjang urusan Pemerintahan Daerah, program penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Bangsa, program peningkatan peran parpol dan lembaga pendidikan melalui pendidikan politik dan pengembangan etika serta budaya politik.

Lanjut, program pemberdayaan dan pengawasan organisasi kemasyarakatan, program pembinaan pengembangan ketahanan ekonomi, sosial dan budaya, serta program peningkatan kewaspadaan nasional dan peningkatan kualitas dan fasilitas penanganan konflik sosial.

Selanjutnya, menanggapi apa yang disampaikan dalam paparan dari 3 OPD, PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., menyampaikan bahwa menyimak apa yang telah disampaikan oleh Damkar Kabupaten OKU yang mana kurangnya sosialisasi dan rendahnya pegawai berstandar kualifikasi/bersertifikat, diharapkan Damkar dapat membuat suatu program yang berkaitan tentang hal tersebut dan dapat dimasukkan ke dalam program kegiatan di tahun 2022 ini.

“Apalagi saat ini kita sudah memasuki musim kemarau dan itu perlu dilakukan sosialisasi ke masyarakat sampai ke tingkat Desa-Desa, agar masyarakat sadar dan lebih tanggap terhadap bahaya kebakaran salah satunya antisipasi karhutla,” ujarnya.

Dalam hal ini dapat juga pihak Damkar bekerjasama dengan Dinas PMD sehingga diharapkan mereka dapat menggerakkan Pemerintah Desa, masyarakat yang ada di Desa itu, karena di Dinas PMD sendiri sudah ada pembentukan Desa Tanggap Karhutla.

Teddy Meilwansyah sangat setuju dengan inovasi aplikasi yang dibuat oleh Damkar Kabupaten OKU.

“Pembuatan aplikasi ini dapat bekerjasama dengan kominfo, sehingga diharapkan aplikasi yang dibuat dapat maksimal dalam pelaksanaannya,” katanya.

Selanjutnya menanggapi apa yang dipaparkan oleh Satpol PP Kabupaten OKU, Teddy Meilwansyah menyampaikan bahwa Pol PP dapat melihat inovasi yang ada di daerah lain.

“Ada salah satu aplikasi yang dibuat oleh Pol PP di daerah tersebut yang dapat mengawasi tempat-tempat umum dan itu diharapkan nantinya dapat dipelajari dan bisa diterapkan di Kabupaten OKU,” papar PLH Bupati OKU.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh, Sekda, Asisten III, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Pol PP, Damkar, Kesbangpol.

Pewarta : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.