Penyerahan Dana Desa, Bupati OKU Timur Harapkan Dapat Dikelola Dengan Benar

  • Whatsapp
Dana Desa
Foto Bersama

MARTAPURA, Beritategas.com – Penyerahan secara Simbolis Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023 di Balai rakyat Setda OKU timur, Rabu (22/02/2023).

Acara langsung di hadiri
Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin
Ketua DPRD OKU Timur H. Beni Defitson, S.IP., M.M., Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Martapura Shafwat Saka
Forkopimda, Staf Ahli dan Staf Khusus
Kepala OPD, Kepala KPPN Baturaja
Kepala BPJS Ketenagakerjaan OKU Raya, Forum Camat dan Forum Kades

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Bupati OKU Timur H,Lanosin.ST. menyampaikan, Dana desa diharapkan dapat dikelola dengan benar oleh desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.

Dia mengajak semua elemen untuk terus berjuang, melangkah dan bekerja keras bersama untuk Kabupaten OKU Timur yang lebih baik.

Selain itu juga menekankan kepada semua untuk selalu membangun koordinasi sehingga upaya keterpaduan pelaksanaan program pembangunan yang telah dirancang dapat terlaksana sesuai dengan amanat UU dan sesuai dengan yang diharapkan guna menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia.

“Alasan kegiatan ini harus di launching karena ini adalah milik negara maka harus diumumkan agar masyarakat tahu bahwa OKU Timur yang terbaik karena pertama kali menyalurkan DD”, ujarnya.

Dari jumlah desa di OKU Timur, terdapat 30% posyandu yang tidak memiliki alat ukur dan alat timbang, untuk itu Bupati menekankan agar kepala desa untuk segera mengatasinya agar kasus stunting bisa diminimalisir.

“Kedepannya data-data dasawisma bisa terkumpul dengan baik sebagai landasan dasar kita untuk melaksanakan sesuatu”, ujarnya

Masih kata enos (sapaan Bupati), dengan adanya DD, ia menginginkan Bumdes untuk mencari peraturan sehingga dapat menebuskan pupuk yang dibutuhkan oleh para petani.

“Sehingga para petani dapat menggunakan pupuk tersebut di lahannya dan Bumdes mendapatkan hasil daripada perputaran keuangan yang berada di sekitar desa tersebut”, jelasnya.

Diwaktu yang sama juga disampaikan Kepala Dinas PMD H. RUSMAN SE. MM,, Pagu Dana Desa OKU Timur Tahun 2023 Sebesar Rp. 256.846.091.000,- bagi 305 desa definitif. Tahap 1 DD Non BLT telah disalurkan sebanyak 221 Desa sejumlah Rp. 54.963.246.750,-.

DD untuk bantuan langsung tunai telah proses salur untuk 221 desa sebesar Rp. 5.306.400.000,- Sisa 84 Desa baik non BLT ataupun BLT masih proses penyampaian dari desa untuk segera dilaksanakan penyalurannya.

Selesai acara dilanjutkan Pemberian Penghargaan atas pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa tahun anggaran 2022.

Peringkat 1 : kecamatan Buay Madang Timur
Peringkat 2 :kecamatan Belitang III
Peringkat 3 : kecamatan Belitang Madang Raya.

Penghargaan atas penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari hasil usaha desa (Bumdes) tahun anggaran 2022.

Peringkat 1 : Desa Sri Bantolo (kecamatan belitang II)
Peringkat 2 : Desa Karang Manik (kecamatan Belitang II)
Peringkat 3 : Desa Bantan (kecamatan BP. Peliung).

Penghargaan atas dukungan percepatan penyaluran dana desa tahap 1 tahun anggaran 2023.

Peringkat 1 : Desa Karya Makmur (kecamatan Madang Suku III)
Peringkat 2 : Desa Peracak (kecamatan bunga Mayang)
Peringkat 3 : Desa Kurungan Nyawa II (kecamatan Buay Madang)

Dan dilanjutkan Penyerahan secara simbolis kartu dan sertifikat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, MPD dan RT.

Pemberian penghargaan kepada Bupati oleh PT. BPD Bank Sumsel Babel Cabang Martapura atas Peran dan Inisiasi terhadap pembuatan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) berupa Kartu ATM kepada perangkat desa se Kabupaten OKU Timur.

Pewarta : Liswan
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.