Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga, Lurah Tanjung Raja Timur Bersama PMI Ogan Ilir Distribusikan Air Bersih

  • Whatsapp
Air Bersih

OGAN ILIR, Beritategas.com – Pemerintah kelurahan Tanjung Raja Timur kecamatan Tanjung Raja kabupaten Ogan ilir bersama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Ogan Ili, menyalurkan bantuan air bersih ke beberapa titik di Lingkungan Tanjung raja Timur yang terdampak kekeringan dan krisis air bersih akibat musim kemarau. Rabu (6/9/2023).

Lurah Tanjung Raja Timur Fitri yanti, SKM,M.Si, mengatakan bahwa akibat musim kemarau warga masyarakat di lingkungan 2 Tanjung Raja Timur, mengalami krisis air bersih.

“Kami mendapat laporan dari masyarakat bahwa akibat sudah lama tidak turun hujan, beberapa air sumur milik warga di lingkungan 2 Tanjung raja timur ini mengalami kekeringan akibatnya banyak warga yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih,” tutur lurah.

Tanjung Raja

Lanjutnya, jadi atas laporan dari masyarakat tersebut, kami pemerintah daerah kelurahan Tanjung Raja Timur berkerja sama dengan PMI kabupaten Ogan Ilir, Camat Tanjung Raja dan juga Kapolsek Tanjung Raja, hari ini bersama-sama membantu masyarakat dengan datang langsung ke pemukiman rumah warga guna memberikan bantuan air bersih.

“Tentunya Harapan saya semoga dengan adanya bantuan air bersih ini, bisa membantu memenuhi kebutuhan primer masyarakat dan bermanfaat dalam mendukung lancaran aktivitas kegiatan sehari-hari. Tanpa harus khawatir kesulitan mendapatkan air bersih,” ujarnya.

“Saya berharap dan berdoa semoga Musin hujan segera cepat tiba agar masyarakat saya tidak lagi mengalami kesulitan mendapatkan air bersih,” harap lurah Fitri.

Dijelaskannya, selanjutnya untuk mengatasi masalah krisis air bersih di saat musim kemarau tiba, kami pemerintah daerah kelurahan Tanjung raja timur berencana akan membuat dua sumur Bor di lokasi Perumahan griya indah dan di lorong Baru Anyar.

“Yang akan dianggaran di dana kelurahan tahun 2024 yang akan datang,” jelasnya.

Menanggapi krisis air bersih yang terjadi di kelurahan Tanjung Raja Timur tersebut, Camat Tanjung Raja kebupaten Ogan Ilir Yus Afriadi,ST.M.Si, menghimbau kepada seluruh masyarakat sekecamatan Tanjung Raja agar segera melapor kepada kepala desanya atau Lurah, apabila saat ini mengalami kesulitan mendapatkan air bersih akibat musim kemarau.

“Saya selalu camat Tanjung Raja menghimbau kepada seluruh masyarakat sekecamatan Tanjung Raja, apabila saat ini mengalami kesulitan air bersih, segeralah lapor dengan kepala desa atau dengan Lurah. Karena kami Selaku pemerintah kecamatan Tanjung Raja sudah memberitahukan kepala seluruh kepala desa atau lurah apabila didaerahnya mengalami kesulitan air bersih, maka segera melapor ke pihak kecamatan. Pihak camat siap memfasilitas untuk melapor ke PMI kabupaten Ogan Ilir. Dan untuk mengatasi kesulitan air bersih setiap musim kemarau tiba, kami akan menganggarkan sumur Bor di tahun 2024 yang akan mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu Salah satu anggota PWI kabupaten Ogan Ilir Kurnadi, menjabat sebagai penanggulangan Bencana Alam kabupaten Ogan Ilir, menerangkan bahwa selama musim kemarau di tahun 2023 ini ada dua kecamatan di kabupaten Ogan Ilir yang mengalami kesulitan air bersih.

“Di musim kemarau tahun 2023 ini,kami sudah mendapatkan dua informasi kecamatan yang mengalami kesulitan air bersih, yaitu di kecamatan pemulutan selatan dan juga di kecamatan Tanjung Raja,di kecamatan Tanjung Raja yaitu bertempat di Kelurahan Tanjung Raja Timur,” terang kurnadi.

Menanggapi laporan dari pemerintah daerah tersebut, mobil tangki air bersih yang berkapasitas 5000 liter air bersih sudah datang ke dua lokasi tersebut, untuk mendistribusi penyaluran air bersih.

“Dan PMI tidak menargetkan beberapa hari kami harus datang, selama masyarakat kabupaten Ogan Ilir masih membutuhkan kami pihak PMI kabupaten Ogan Ilir siap sesuai dengan kemampuan armada kami,” ujarnya.

Sementara itu salah satu warga kelurahan Tanjung raja Timur lingkungan dua lorong Batu anyar mengaku senang mendapatkan bantuan air bersih dari pihak PMI kabupaten Ogan Ilir.

“Alhamdulillah saya sangat senang adanya bantuan air bersih dari ibu lurah kami dan juga PMI, kami di lingkungan 2 kelurahan Tanjung raja Timur ini sudah dua bulan mengalami kekeringan, kesulitan mendapatkan air bersih,” terang warga.

Lanjutnya, air bersih itu memang masih bisa kami dapatkan tetapi lokasi tempatnya sangat jauh dari rumah saya, menempuh jarak hingga 200 meter, itupun harus melalui antrian yang panjang baru dapat air bersih.

“Bantuan air bersih ini saya berharap semoga tetap selalu ada selama musim hujan belum tiba,” harap warga.

Kapolsek Tanjung raja AKP Hermansyah,S.IP.,M. Si, mengatakan bahwa pihak Kapolsek Tanjung raja siap membantu mengawal proses penyaluran air bersih untuk masyarakat kecamatan Tanjung Raja.

“Kami dari pihak Kapolsek Tanjung raja akan selalu siap untuk melakukan pengawalan dan keamanan dalam proses penyaluran air bersih untuk masyarakat kecamatan Tanjung Raja. Dan hari ini adalah hari kedua kami memberikan pengawalan kegiatan penyaluran air bersih di kelurahan Tanjung raja Timur, kecamatan Tanjung Raja,” ungkapnya.

“Semoga penyaluran air bersih dari pihak PMI kabupaten Ogan Ilir bisa berjalan dengan lancar dan juga bisa membantu warga masyarakat Tanjung raja Timur untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari,” tutupnya.

Pewarta : Rosita
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.