Pentingnya Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air pada Anak SD

  • Whatsapp

SRAGEN, Beritategas.com – Cinta tanah air merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh semua bangsa, termasuk siswa di Sekolah Dasar (SD) sebagai bentuk kecintaan dan kebanggaan terhadap negara tercinta. Melalui sekolah, diharapkan para siswa dapat menanamkan nilai-nilai etika dan moral yang baik sehingga mereka memiliki akhlak yang mulia dan berbudi pekerti yang luhur.

Hal tersebut yang mendorong Serda Ochsed Wiranto Babinsa Glonggong Anggota Koramil 06/Gondang Kodim 0725/Sragen melaksanakan sosialisasi menanamkan rasa cinta tanah air kepada siswa-siswi SDN Glonggong, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Selasa (07/05/24).

Menurut Serda Ochsed Wiranto, mengembangkan rasa cinta tanah air merupakan perwujudan dari sila ketiga pancasila, yaitu persatuan Indonesia.

Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan untuk memupuk rasa cinta tanah air sebagai pengamalan pancasila sejak dini, lebih tepatnya diterapkan pada anak-anak di Sekolah Dasar (SD) sebagai warga negara.

Lanjut Ochsed, lalu apa saja contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air di Sekolah Dasar (SD)?

“Contoh perilaku cinta tanah air yang dapat dilakukan oleh anak Sekolah Dasar (SD) antara lain melaksanakan upacara dengan khidmat, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menghormati guru dan teman serta menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar juga belajar dengan sungguh-sungguh”, pungkas Ochsed.

Pewarta : Sapto H
Editor : Widiyo P

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.