Pengurus Cabang APRI Kabupaten OKU Dikukuhkan

  • Whatsapp
Pelantikan dan pengukuhan pengurus APRI Kabupaten OKU

BATURAJA, – (Beritategas) – PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Acara Pelantikan Dan Pengukuhan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Periode 2021-2025 di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU. Jumat (30/07/2021).

Wakil Ketua DPW APRI Provinsi Sumsel Drs. Yasmi Suharjo, menyampaikan, APRI Merupakan suatu organisasi yang baru bagi para penghulu yang ada di Indonesia yang kesemuanya Laki-Laki. APRI bertugas memberikan legalisasi atas keabsahan sebuah pernikahan. Untuk di Kabupaten OKU Pengurus APRI ada 20 orang penghulu se-Kabupaten OKU termasuk Kepala KUA.

Bacaan Lainnya

“APRI OKU belum memiliki apa-apa, berharap kepada Plh Bupati OKU dapat memberikan dukungan penuh sehingga tugas dari APRI dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, kepada Pengurus bekerjalah dengan sesuai aturan, Profesionalitas tanpa Integritas akan mengalami kehancuran begitupun Integritas tanpa Profesionalitas akan mengalami kevakuman. Untuk itu sebaiknya integritas dan profesionalitas harus dipadukan sehingga dapat menuju APRI yang Profesionalitas dan Integritas dalam melakukan pelayanan,” ujarnya.

Kakan Kemenag OKU Drs. Ishak Putih, M.Si., menyampaikan penghulu adalah sebuah jabatan fungsional khusus untuk kantor Kemenag seluruh wilayah Indonesia.

“Apresiasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan dan ucapan terimakasih kepada Plh Bupati OKU yang telah memfasilitasi kegiatan, harapan keberadaan APRI ini dapat diterima oleh masyarakat serta APRI dapat bersinergi dengan Pemkab, Kemenag, dan masyarakat,” katanya.

Lanjut dikatakan, tugas penghulu sendiri ialah memberikan kajian-Kajian fiqih munakahat yaitu aturan hukum tentang pernikahan (mulai dari akad nikah hingga aturan tentang berumah tangga) Untuk memberikan masukan kepada Pemerintah.

“Menjadi penghulu banyak proses yang dilalui tentunya dengan melalui Diklat itu kepada pengurus APRI kiranya dapat bekerja dengan sebaik mungkin, bekerja dengan Profesionalitas dan integritas untuk memajukan Kabupaten OKU sesuai dengan bidang masing-masing,” imbuhnya.

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., pada kesempatan itu mengungkapkan, selamat kepada pengurus APRI yang baru saja dilantik. Penghulu merupakan profesi yang sangat mulia garda terdepan dari Kementerian Agama dan pemerintah, memegang peranan penting karena penghulu berhadapan langsung dengan masyarakat sehubungan dengan hal tersebut kiranya para penghulu dapat ikut serta mensosialisasikan kepada masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

“Dengan adanya APRI, mari kita tingkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pemkab OKU mendukung APRI dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Kepada Kemenag OKU menyarankan agar daerah yang masih kurang tenaga penghulunya untuk dapat ditambah jumlah kuota penghulu,” katanya.

Lanjut dikatakan, penyerahan Sertifikat halal kepada pelaku UMKM bertujuan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat tentang kehalalan produk yang diperjualbelikan, hal lainnya dengan adanya sertifikat membuat nilai jual produk dapat meningkat,. Ia berpesan kepada pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan digitalisasi dalam menjual produk.

Acara dilanjutkan dengan Pelantikan Dan Pengukuhan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten OKU Periode 2021-2025 dan pemberian sertifikat halal untuk pelaku UMKM yang diberikan dan disaksikan oleh PLH Bupati OKU.

Reporter : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.