Pengukuhan Pengurus Dewan Kesenian Kecamatan

  • Whatsapp
Dewan Kesenian
Pengukuhan Pengurus Dewan Kesenian Kecamatan

KLATEN, Beritategas.com – Pengurus Dewan Kesenian Kecamatan Klaten Periode 2021-2026 di kukuhkan oleh Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Klaten Sunarno di Pendopo Pemerintahan Kabupaten Klaten, Selasa malam (10/5).

Pengukuhan Pengurus Dewan Kesenian Kecamatan bersamaan dengan acara pentas religi dan halal bihalal yang diadakan Dewan Kesenian Kabupaten Klaten.

Acara pentas religi dan halal bihalal serta pengukuhan pengurus dewan kesenian kecamatan ini diawali dengan pentas tari Gambyong mudhatama yang dibawakan oleh 5 penari.

Selanjutnya, ketua panitia Joko Sarjono dalam sambutannya menyampaikan, acara pentas religi dan halal bihalal serta pengukuhan pengurus dewan kesenian kecamatan ini merupakan program kegiatan dewan kesenian kabupaten Klaten dihadiri 150 orang.

Acara halal bihalal ini rutin digelar pasca Idhul Fitri halal bihalal ini bertujuan untuk menjalin ukhuwah insaniyah persaudaraan sesama umat manusia dan ukhuwah Wathaniyah persaudaraan sesama warga bangsa.

Sedang pengurus dewan kesenian kecamatan yang dikukuhkan ini adalah hasil dari Musyawarah Seniman Daerah (musenda) yang dilakukan pada 5 Juli 2021 lalu.

Usai laporan dari ketua panitia dilakukan pengukuhan pengurus dewan kesenian kecamatan yang dilakukan oleh ketua umum dewan kesenian Kabupaten Klaten Sunarna.

Dan diteruskan dengan memberikan surat keputusan (SK) pengurus dewan kesenian kecamatan ke masing-masing ketua dewan kesenian kecamatan.

Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Klaten Sunarna dalam sambutan mengatakan, berkegiatan atau mengurus seni dan budaya Itu membuat hidup menjadi tenteram dan hati bergembira sehingga bisa memanjangkan umur serta menyehatkan jiwa dan raga.

“Malam ini kita mengukuhkan pengurus dewan kesenian kecamatan salah satu tugas dari kesenian kecamatan adalah melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya yang ada. Kalau kita tidak mencintai seni dan budaya kita lalu siapa? Maka mari kita ngurusi seni dan budaya yang ada. Kita maknai kegiatan mengurusi budaya ini sebagai bagian dari sedekah,” ujarnya.

Sedangkan Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya dalam sambutan mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus dewan kesenian kecamatan ini.

Wabup berharap pengurus dewan kesenian kecamatan bisa solid dalam menopang keberlangsungan seni dan budaya di Kabupaten Klaten.

“Pelestarian seni dan budaya itu menjadi tanggung jawab bersama maka saya mengucapkan terimakasih atas apa yang telah dilakukan dewan kesenian dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya selama ini apalagi kabupaten Klaten dikenal sebagai pusatnya seniman dan seniwati,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu hikmah halal bihalal disampaikan oleh ustadz H Moch Isnaeni dari Klaten.

Dalam tausiyahnya Moch Isnaeni mengatakan, nilai-nilai budaya bisa menjadi sumber kearifan sosial di masyarakat seperti yang dilakukan kanjeng Sunan Kalijaga yang mengangkat kupat dengan nilai- nilai filosofinya.

Kupat itu bisa berarti ngaku lepat atau laku papat, laku papat itu adalah lebaran leburan laburan dan luberan lebaran berarti ibadah puasa Ramadhan sudah selesai. Leburan berarti saatnya untuk saling maaf memaafkan, Laburan berarti putih bersih hidup suci dan luberan berarti ada sesuatu yang dibagikan misalnya fitrah. Maka saat idul Fitri harusnya ada sukacita tetapi idul Fitri tidak harus dirayakan secara berlebihan.

Seluruh rangkaian acara pentas religi dan halal bihalal serta pengukuhan pengurus dewan kesenian kecamatan ini diakhiri dengan pentas tari Rara Ngigel.

Pewarta : Armila
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.