Pelaksanaan Lelang Lebak Lebung dan Sungai Di Rantau Panjang Berjalan Lancar

  • Whatsapp

OGAN ILIR, Beritategas.com – Lelang Lebak lebung dan Sungai berlangsung di kantor Kecamatan Rantau panjang Kabupaten Ogan Ilir, Kegiatan berjalan lancar. Kamis (7/12/23).

Untuk diketahui, Tradisi Lelang Lebak Lebung dan Sungai ternyata sudah berlangsung sejak masa kerajaan di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), tepatnya antara tahun 1587-1659 hingga sekarang.

Bacaan Lainnya

Pada masa kerajaan Palembang, sistem ini diatur dalam Kitab Undang-undang Simbur Cahaya. Sedangkan pada masa kolonial  (1821-1942) Belanda mengubah beberapa aturan dalam Simbur Cahaya dan berpengaruh pada sistem pembagian hasil lelang.

Yang dimaksud dengan lebung adalah bagian terdalam (menyerupai palung dan kolam ) di lebak (rawa) yang merupakan hulu sebuah aliran anak sungai.

Sewaktu memasuki masa sulit, dilakukanlah lelang yang dapat diikuti semua orang. Lelang yang dimaksud adalah bagian-bagian sungai dan lebak yang telah ditentukan batas-batasnya.

Camat Rantau panjang Lukman Ajis mengucapkan syukur, Alhamdulillah, lelang berjalan lancar tidak ada hambatan.

“Objek lelang laku semua jadi tidak ada tahap 1,2 dan 3. Untuk lebung yang punya bayar konsen nama tersebut diketuai oleh pemenang lelang. Harapan dengan adanya lelang ini bisa menambah PAD Kabupaten Ogan ilir,” ujarnya. Kamis (7/12/23)

Ditempat yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sungai Rotan Sangkut bertanya kepada panitia lelang dari dinas perikanan, adapun sungai dikeruk (didalami) bikin lebung bolehkah dibikin konsen. Padahal itu sungai, bahwa ikan yang ada di kawasan sungai merupakan ikan liar alam dan bukanlah hasil budidaya.

Panitia lelang Alfaris mengatakan, Jadi kalau kita cuman penyuluh, cuman logika sungai hak pengemin.

“Lebih jelasnya ke dinas Perikanan biar lebih tau,” tuturnya.

Dijelaskan, Pemenang lelang atau pengemin berhak memanen ikan dan hasil lainnya di dalam masa berlakunya atau aturan-aturan yang berlaku di Ogan Ilir.

“Hingga, ada semacam sistem pembagian hasil antara Desa dengan Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten di kawasan lelang yang telah dimenangi oleh seseorang.

Acara tersebut dihadiri Kapolpos tanjung raja, Babinsa, Kades sekecamatan
Tokoh masyarakat dan Stap kecamatan

Pewarta :Junaidi
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.