Pastikan Keamanan Saat Patroli, Ditpolairud Polda Sumsel Lakukan Pemeriksaan Kelaiklautan Kapal Polisi

  • Whatsapp
Cek kelaikan
Istimewa

PALEMBANG, Beritategas.com – Keberadaan kapal-kapal patroli Ditpolairud Polda Sumsel sangat dibutuhkan dalam melakukan patroli di perairan wilayah hukum Polda Sumsel.

Adapun wilayah jangkauan patroli operasi pengamanan, mulai dari ambang luar alur pelayaran perairan Sungai Musi – Selat Bangka (sepanjang 104,242 Mil Laut) dan anak-anak sungai lainnya.

Bacaan Lainnya

Maka dari itu, Direktur Polairud Polda Sumsel Kombes Pol Drs Andreas Kusmaedi MM, memerintahkan Kasubdit Fasharkan untuk melakukan pemeriksaan kapal, terkait kelaiklautan kapal polisi yang di miliki oleh Dit Polairud Polda Sumsel.

Direktur Polairud Polda Sumsel Kombes Pol Andreas Kusmaedi mengatakan, bahwa pemeriksaan Kapal polisi Ditpolairud polda sumsel, Kapal Polisi type B3, C1, C2 dan C3 berjumlah 12 unit, secara rutin dilakukan pemeriksaan kelaiklautan kapal, Jumat (23/12/2022).

“Perlu diketahui bahwa Direktorat Polairud Polda Sumsel melaksanakan tugas Pokok Polri di perairan sebagaimana yang diamanatkan undang undang nomor 2 Tahun 2002 tentang kepolisian Republik indonesia, Harkamtibmas, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Menurut Kombes Andreas, tugas fungsi lain Dit Polairud berkewajiban melakukan pemeliharaan sarana utama yaitu kapal polisi yang dimiliki oleh Dit Polairud Polda Sumsel.

“Pemeriksaan Kelaiklautan dilakukan secara rutin, pada saat Kapal Polisi sandar di dermaga Ditpolair Polda Sumsel,” jelasnya.

“Dan hasil riksa kapal polisi Dit Polairud Polda Sumsel masih dalam kondisi baik, sekiranya dalam hal perlu perbaikan akan segera ditindaklanjuti,” imbuhnya.

Saat ditanya tentang pengamanan Nataru di wilayah Perairan Sumsel, Kombes Pol Andreas Kusmaedi menjelaskan, dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru). Direktorat Air dan Udara (Polairud) Kepolisian Daerah Sumatera Selatan akan menerjunkan puluhan personel guna melakukan pengamanan.

”Kita juga menerjunkan lima speed boat dan beberapa kapal motor, guna mempermudah transportasi operasi patroli 24 jam aktif dalam operasi lilin yang meliputi wilayah Boom Baru, Tanjung Api-api, dan di daerah wisata Pulau Kemaro,” ujar Dir Polairud Polda Sumsel Kombes Pol Andreas Kusmaedi.

“Puluhan personel tersebut dalam menjalankan tugas operasi pengamanan dilengkapi fasilitas persenjataan lengkap dan armada kapal motor,” ttambahnya.

Pewarta : Sadiman
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.