Pasca COVID-19, Kelurahan Talang Aman Ajak Warga Buka Kampung Iklim

  • Whatsapp

PALEMBANG – Dalam upaya memulihkan ekonomi masyarakat pasca COVID-19 lurah kelurahan Talang Aman, Palembang, Virgiyanti, S.SOs, M.Si akan programkan “Kampung Iklim” diwilayahnya.
Hal itu diungkapkan Virgiyanti saat membuka kegiatan tersebut di hadapan seluruh RT dan RW se kelurahan Talang Aman dan dihadiri oleh tokoh masyarakat. Senin (6/7/2020).
Sebelumnya, Virgiyanti mengingatkan agar masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.
“Sehubungan telah dilaksanakannya New Normal, kita selalu tetap waspada dan selalu menjalankan protokol kesehatan,dengan tetap menjaga jarak, tetap pakai masker, dan mencuci tangan,” ungkapnya.
Dijelaskannya,”Dalam kesempatan ini saya selaku lurah meminta kepada masyarakat untuk menggiatkan ekonomi kembali dengan cara membuka kampung iklim, karena sangat berguna sekali di samping sebagai penangkal COVID dan dapat memberikan penghasilan tambahan kepada masyarakat,” ujarnya.
Dijelaskannya, dengan cara mengadakan tanaman hidroponik seperti sayur-sayuran dan ikan lele yang dapat ditanam pada bak-bak plastik yang besar dan tidak banyak memakan tempat cukup di halaman rumah.
“Namun manfaatnya sangat besar sekali dapat menopang ekonomi lemah karena dalam waktu tidak begitu lama tanaman tersebut biasa menghasilkan tanaman sayuran dan ikan lele, nanti dalam pelaksanaannya kita akan mendatangkan penyuluh yang betul-betul menguasai hal tersebut agar pekerjaan kita tidak sia-sia.” urainya.
Lebih lanjutnya dikatakan lurah Talang Aman di dampingi ibu Itje menambahkan,“ dalam kesempatan ini saya menekankan sekali kepada bapak ibu yang mampu dalam artian orang kaya untuk segera ikut peran sertanya dalam kegiatan tersebut, karena dalam kegiatan ini tidak terlepas dari pada dana apalagi dalam situasi seperti ini, karena terus terang saja kelurahan tidak mempunyai dana. Tempo hari pernah kami usulkan kepada pemerintah namun semuanya di coret dan di alihkan untuk menanggulangi COVID 19,” Ujarnya.
Sementara itu, tokoh masyarakat yang sempat hadir H. Baharuddin, MS, Zainal Arifin, H. AW. Pulungan, SH, Drs. H. Suparman, AK, dan H. Fauzi Sapidin sempat memberikan masukan kepada Kelurahan Talang Aman yang diwakili H. AW. Pulungan, SH, mengapresiasi program dari kelurahan tersebut.
“Pada prinsipnya kami siap membantu program pemerintah. Dan di sebelah rumah saya ada tanah kosong yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kampung iklim, kalau saya sendiri kegiatan tersebut telah saya laksanakan sejak lama tetapi bukan kangkung yang saya tanam tetapi daun ubi dan kacang, dan juga tempo hari juga pernah saya tanam ikan gurame namun ikan nya tidak besar-besar,” ujarnya. (Roy)

Pos terkait

banner 300600banner 300600

Tinggalkan Balasan