Melalui Forum Konsultasi Publik, Sempurnakan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten OKU

  • Whatsapp

BATURAJA – Pelaksana Harian Bupati OKU Menghadiri Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Tahun 2021-2026, bertempat di Ruang Abdi Praja, Senin (12/4/2021).

Forum konsultasi publik rancangan awal RPJMD ini diikuti wakil ketua DPRD, kepala BPS, Sekretaris Daerah, Sekretaris DPRD, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Kabag, TP.KK, DWP, dan BUMN/BUMD, Perbankan, unsur Perguruan tinggi.

Bacaan Lainnya

Pelaksana harian Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H mengatakan, melalui forum komunikasi publik rancangan awal RPJMD Kabupaten OKU tahun 2021-2026 ini diharapkan dapat merepresentasikan visi dan misi bupati kabupaten OKU. Visi kabupaten OKU yaitu terwujudnya Ogan Komering Ulu yang bersih, kreatif, religius, maju dan sejahtera.

Sedangkan misi bupati OKU, yaitu reformasi birokrasi, ekonomi kreatif, SDM religius dan sejahtera, dan daya saing infrastruktur, inovasi, dan lingkungan hidup.

“Sehingga pelaksanaan pembangunan di kabupaten OKU, dapat terlaksana dan dapat menjadikan warga masyarakat kabupaten OKU semakin sejahtera,” katanya.

Lanjut dikatakan, semoga kegiatan ini dapat menjadikan landasan dalam melaksanakan rancangan pembangunan yang berkelanjutan, usulan dan harapan dari masyarakat dapat diolah kembali dan disesuaikan dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya, agar progres pembangunan nantinya berjalan dengan baik.

Adapun permasalahan RPJMD Kabupaten OKU tahun 2021-2026, adalah sumber daya alam dan kelestarian lingkungan,
konektivitas dan pengembangan wilayah, tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan sumber daya manusia, nilai tambah ekonomi dan daya saing, serta pengembangan pertanian.

Fokus RPJMD kabupaten OKU tahun 2021-2026, yaitu pada tahun 2021 dan 2022 masih terfokus pada pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM, tahun 2023 dan 2024 masih sama, yaitu meningkatkan dan memantapkan infrastruktur dan SDM di dukung oleh tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, sedangkan pada tahun 2025 memantapkan infrastruktur dan kualitas SDM yang mandiri, sejahtera dan berbasis kearifan lokal.

Kepala Bappelitbangda kabupaten OKU Ir. Gunawan Somad, M.M melaporkan konsultasi publik RPJMD kabupaten OKU 2021-2026 dilaksanakan atas dasar, UU. No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, UU. No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dan Permendagri No. 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Raperda tentang rancanganan Peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKP.

“Tujuan dilaksanakan forum ini untuk menyempurnakan rancangan awal RPJMD kabupaten OKU 2021-2026 berdasarkan masukan-masukan hasil kesepakatan forum,” tutupnya

Reporter : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.