Mahasiswa FH UNJA Laura Layne Berhasil Lolos Program IISMA ke Price of Songkla University, Thailand

  • Whatsapp

JAMBI, Beritategas.com – Laura Layne, mahasiswi dari Fakultas Hukum (FH) Universitas Jambi (UNJA) berhasil meraih kesempatan untuk mengikuti Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Program ini akan membawanya ke Prince of Songkla University di Thailand selama satu semester.

Humas UNJA Mochammad Farisi, menyebutkan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan skema beasiswa dari Pemerintah Republik Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia dalam program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri.

Bacaan Lainnya

“IISMA merupakan program beasiswa yang memberikan peluang kepada mahasiswa Indonesia untuk mengikuti mobilitas internasional ke perguruan tinggi terbaik di dunia. Program ini merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek),” ungkap Farisi di Kampus UNJA Mendalo, Jumat (22/03/2024).

Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan atmosfer pembelajaran di berbagai kampus ternama luar negeri selama satu semester.

Laura mengatakan bahwa persaingan untuk lolos IISMA sangat ketat karena harus bersaing dengan mahasiswa seluruh Indonesia, ia juga menjelaskan tentang persiapannya sebelum berangkat ke Thailand dengan belajar bahasa Inggris agar lancar berbicara.

“Persaingannya sangat ketat karena diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia, selain itu tantangannya lebih banyak ke diri sendiri, merasa belum cukup baik untuk bersaing, selalu merasa kurang dalam berbahasa Inggris,” ujarnya.

“Sebelum saya berangkat ke Thailand, persiapannya adalah memperlancar bahasa inggris, agar lebih mudah untuk berkomunikasi dan mencari relasi,” lanjutnya.

Kemudian Laura juga menjelaskan bahwa seleksi dilakukan secara daring, alasannya memilih Thailand, dan mengungkapkan perasaannya ketika lolos.

“Alasan saya memilih negara Thailand dalam program IISMA ini karena lingkungannya yang cukup baik. Saat pertama kali dinyatakan lolos, saya sangat bahagia karena di luar ekspektasi, terlebih karena bisa bersaing dengan banyak orang,” tambahnya.

Ketua Program Studi Ilmu Hukum, Dr. Akbar Kurnia Putra, S.H., M.H., berharap dengan program IISMA ini mahasiswa tidak hanya belajar akademik, tetapi juga belajar di luar kelas sehingga hal itu bisa menjadi portofolio untuk karir ke depan.

“Saya berharap awardee IISMA tidak hanya belajar secara akademik, namun juga belajar di luar kelas yang dapat membuka sudut pandang tentang dunia. Ini merupakan portofolio yang sangat penting untuk akademik dan karir mereka ke depan,” harapnya.

Sebelumnya pada tahun 2023 terdapat dua orang mahasiswa UNJA yang telah lolos dan menyelesaikan program IISMA, yaitu Muhammad Agiza Ibrahim Amir (FKIK) di Palacky University Olomouc Ceko, serta Vicki Rilis (FKIK) di University College Dublin Irlandia.

Universitas Prince of Songkla adalah universitas Thailand pertama yang masuk 400 teratas (Januari 2008), 300 teratas (Januari 2009) dan 200 teratas (Juli 2009) peringkat dunia. Pada bulan Juli 2009, universitas ini menduduki peringkat ke-175 dunia, ke-18 di Asia , dan ke-2 di Asia Tenggara.

Kunjungi : www.unja.ac.id.

Pewarta : A.Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.