Long March Pengambilan Sabuk PSHT Patean, 91 Peserta Tempuh 8 KM

  • Whatsapp

KENDAL, Beritategas.com – Kegiatan PSHT di Ranting Patean, yang di ikuti 91 peserta terdiri dari 71 Siswa 20 Warga PSHT atau pelatih yang akan melaksanakan long march sebagai bagian dari seremoni pengambilan sabuk. Peserta terbagi dalam tiga tingkatan, melalui kenaikan sabuk dari polos ke jambon, jambon ke hijau, dan hijau ke putih.

Pagi ini, acara dimulai dengan long march lari sejauh 8 KM, dengan start dan finish di halaman kantor kecamatan Patean. Mereka melewati rute 8 KM dari halaman kantor menuju Kalices dan kembali lagi ke halaman kecamatan.

Pengambilan sabuk ini melanjutkan rangkaian ujian kenaikan tingkat (UKT) yang dilaksanakan seminggu sebelumnya di padepokan Cabang PSHT Kabupaten Kendal.

Proses pengambilan sabuk diserahkan ke masing-masing ranting setiap kecamatan. Namun, secara khusus, ranting kecamatan Patean melaksanakan proses ini sendiri. Nur Cholis, selaku Ketua Ranting PSHT Kecamatan Patean, menyatakan, “Acara hari ini diikuti oleh 71 Siswa dan 20 Warga PSHT atau Pelatih Siswa. Siswa dengan tiga tingkatan sabuk, dari polos ke jambon, jambon ke hijau, dan hijau ke putih. Pengambilan sabuk ini merupakan bagian dari budaya yang telah tertanam kuat oleh PSHT.”
Dengan demikian, kegiatan Pencak Silat Setia Hati Teratai bukan hanya sebuah latihan fisik
semata, melainkan juga sebuah wujud nyata dari cinta terhadap budaya dan warisan leluhur. Semoga semangat ini dapat menjalar dan membawa harum keberlanjutan budaya Pencak Silat, yang menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas dan kebanggaan bangsa. Kiranya, generasi muda penerus bangsa terus berperan aktif dalam melestarikan kekayaan budaya ini agar tetap berkembang dan diwariskan kepada anak cucu kita.

Pewarta : Pujiono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.