Legenda Asal Usul Ratu Kidul

  • Whatsapp
Ratu Kidul
Istimewa

JOGJAKARTA, Beritategas.com – Legenda asal-usul Ratu Kidul penguasa kerajaan Gaib Pantai Selatan, menurut cerita narasumber Romo Aris Kusumo tokoh Paranormal kondang berasal dari Desa Trewilen, Godean, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Senin (13/02/23).

“Kanjeng Ratu Kidul anak dari seorang Ratu Bilqis yang takluk dengan Raja Sulaiman. Diriwayatkan setelah Ratu Bilqis menikah dengan jin pria dan dikaruniai seorang putri yang tak memiliki Raga dikarenakan bukan manusia karena dia anak jin keturunan dari bapaknya”, jelasnya.

Bacaan Lainnya

Karena merasa malu memiliki anak seorang Jin, kemudian Ratu Bilqis membuang anaknya yang diberi nama Aul Lora disebuah luar pulau yang jauh dari Kerajaannya. Pulau ini dulu bernama Al Jawi/ Pulau Jawa. Dan putri Aul Lora tumbuh besar bersama jin-jin lainya yang ada di pulau itu, darah biru yang mengalir dari ibunya Putri Aul lora menjadi seorang pemimpin bagi kerajaan jin tersebut.

“Seiring berjalannya waktu karena terjadi migrasi besar-besaran dari orang-orang Yunani ke Indonesia yang menempati di pulau Al Jawi, putri Aul lora dan pengikutnya, kemudian mereka pindah dan mengalah, tidak mau terganggu dengan hiruk pikuk keramaian manusia. Kemudian pindah ke selatan Jawa yang tepatnya di pesisir Pantai Selatan”, tambahnya.

Putri Aul Lora dan pengikutnya membangun kerajaan hingga banyak kerajaan kerajaan jin kecil disekitar pulau Jawa takluk dan ikut bergabung dengan kerajaan laut selatan, lambat laun ketenaran kerajaan yang dipimpinnya Aul Lora kemudian berkembang dan menyebar di seluruh penjuru negeri.

“Masyarakat Jawa kala itu tak terlalu faqih menyebut kata Aul lora menjadi Putri yang berarti Putri Nyi Roro Kidul dia menjadi penguasa jin di pantai selatan menjadi Ratu Kidul”, pungkasnya.

Pewarta : Dwi Nurbiyanto
Editor : Widiyo Prakoso
[caption

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.