Kemarau, Masyarakat Serbu Wisata Pantai Pasir Mendala

  • Whatsapp
Pulau Pasir

BATURAJA, Beritategas.com – Desa Mendala salah satu desa di kecamatan Peninjauan yang jarak tempuhnya dari ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) kurang lebih 1 jam dan sekitar 10 menit dari Kecamatan Peninjauan. pada hari Sabtu, (16/09/2023).

Desa Mendala yang menjadi andalan bagi masyarakat Kecamatan Peninjauan ini, ternyata banyak menyimpan panorama alam yang indah.

Bacaan Lainnya

Salah satu objek wisata alami yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai kecamatan yang ada di kabupaten OKU adalah pulau pasir Mendala yang berjarak hampir 3 km membentang dari desa Mendala sampai ke Desa Peninjauan.

Fenomena alam ini hanya muncul saat musim kemarau saja. Saat itulah masyarakat umum biasanya ramai berkunjung menikmati pesona pulau pasir ini.

Salah satu pengunjung, Atria dari Baturaja saat dihubungi awak media mengatakan, di desa Mendala ini banyak hiburan yang disenangi oleh anak-anak maupun orang dewasa diantaranya di pulau pasir ini.

“Pulau ini walaupun hanya pulau pasir di pinggir sungai Ogan namun daya tarik pengunjungnya luar biasa ramai, apalagi kalau di hari Minggu hampir lebih dari 300 orang datang kesini hanya sekedar untuk duduk santai dan berphoto bersama keluarga,” ungkapnya. Sabtu (16/09/23).

Selain pulau pasir ini, pemandangan lainnya yang tidak kalah menarik adalah banyak kuliner yang dijual, setiap sore selalu memberikan tontonan yang menarik bagi para penikmat hiburan dan menjadi tontonan bagi pengunjung pulau ini.

BPD desa Mendala Sumadi saat dibincangi mengatakan,”Desa Mendala ini memang banyak didatangi orang-orang dari berbagai daerah. Mereka yang datang itu rata-rata membawa keluarganya. Hanya datang duduk-duduk dan berphoto serta makan bersama-sama di pulau ini,” katanya.

Lanjutnya bahkan ada juga yang sambil mandi dan berenang mencari kesenangan tersendiri.

Saat disinggung masalah keamanannya Sumadi mengatakan, untuk menjaga kendaraan para pengunjung ke pulau ini,”kami menyediakan jasa parkir yang di kelola oleh karang Taruna, guna menghindari pencurian kendaraan,” ujarnya.

Sementara Merli salah seorang penjaga pulau mengatakan pihaknya menyiapkan perahu serta penjaga pulau untuk sekedar berjaga jaga.

Merli menambahkan, di pulau ini juga dijajakan bermacam macam kuliner khas Ogan dan banyak dinikmati oleh para pengunjung.

“Untuk menambah pendapatan ibu-ibu yang berdagang disini. Sedangkan untuk menjaga kebersihan pulau ini kami setiap pagi bersama karang taruna selalu membersihkan sampah sampah mungkin tertinggal dari para pengunjung dan juga pulau selalu tampak terlihat bersih,” tandasnya.

Pewarta : Rudi Hartono
Editor : Riatama

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.