Ini Jalur Terakhir Masuk UNJA, Setelah Tak Lolos SNBP dan SNBT

  • Whatsapp

JAMBI, Beritategas.com – Universitas Jambi (UNJA) buka pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat tahun (SMMPTN-Barat) 2024.
Pendaftaran telah dibuka sejak 4 Mei 2024 pukul 15.00 WIB dan akan ditutup pada 20 Juni 2024 pukul 16.00 WIB. ungkap Koordinator Pusat Dokumentasi dan Informasi Publik UNJA, Mochammad Farisi, S.H. LL.M, di UNJA Mendalo Rabu (08/05/2024).

Ditambahkan Farisi, UNJA membuka daya tampung bagi calon mahasiswa jalur SMMPTN Barat sebesar 2.143.

“UNJA menerima calon mahasiswa jalur SMMPTN Barat sebesar 2.143 mahasiswa, yaitu SAINTEK terdiri dari 35 prodi dengan daya tampung 1077 dan SOSHUM terdiri dari 30 prodi dengan daya tampung 1066,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mochammad Farisi menjelaskan bahwa detail prodi dan daya tampung UNJA dapat diakses pada laman https://smmptnbarat.id/prodi/universitas-jambi.

Biaya pendaftaran SMMPTN Barat 2024 adalah sebesar Rp.375.000,- yang berlaku baik pilihan Prodi Sains dan Teknologi (Saintek) atau Sosial-Humaniora. Setiap calon mahasiswa akan mendapatkan ID bayar jika telah melakukan pembayaran paling lambat pada tanggal 20 Juni 2024, pukul 16.00 WIB. Adapun batas akhir cetak kartu pada 21 Juni 2024 pukul 16.00 WIB.

Ujian masuk sistem seleksi, yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau Computer Assisted Test (CAT). Kemudian, bagi prodi seni dan olahraga melampirkan protofolio berupa dokumen prestasi dan sertifikat selama menjadi siswa yang harus dilampirkan saat melakukan pendaftaran.

Mochammad Farisi juga menerangkan tentang jadwal pelaksanaan ujian dan sistem pemilihan prodi.

“Jadwal ujian akan dilaksanakan pada 27 Juni hingga 5 Juli 2024, setiap calon peserta akan mendapatkan jadwal dan pusat UTBK yang dipilih, pemilihan tersebut telah dilakukan ketika melakukan pendaftaran. Namun, calon mahasiswa harus memilih satu prodi PTN dari maksimal pilihan empat prodi sebagai tempat mengikuti UTBK. Sistem akan menolak jika tidak ada satu pun pilihan prodi pada PTN tempat akan melakukan UTBK,” ungkapnya.

Mochammad Farisi juga mengatakan Universitas Jambi pada jalur SMMPTN Barat 2024 menerima jalur afirmasi dengan 4 kategori penerimaan salah satunya berasal dari Suku Anak Dalam.

“UNJA Menetapkan kriteria penerimaan mahasiswa baru melalui afirmasi Universitas Jambi, sebagai berikut, pertama merupakan anak kandung dosen atau tenaga kependidikan Universitas Jambi dengan melampirkan kartu keluarga, berasal dari Suku Anak Dalam dengan melampirkan surat keterangan dari sekolah/surat keterangan dari kepala Desa setempat, Pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dan berdomisili di Provinsi Jambi dan memiliki prestasi daerah dalam bidang olahraga atau penghafal kitab suci dengan melampirkan fotocopy piagam penghargaan tingkat Daerah/Provinsi di bidang Olahraga atau penghafal kitab suci, bagi anda yang belum beruntung lolos SNBP dan SNBT masih ada kesempatan untuk kuliah melalui jalur ini,” tutup Farisi.

Kunjungi : www.unja.ac.id.

Pewarta : A.Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.