Gotong Royong Masyarakat Perbaiki Makam Kyai Santri

  • Whatsapp
Makam

KENDAL, Beritategas.com – Semangat gotong royong dan pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila terlihat nyata dalam kerja bakti masyarakat Dusun Pesanggrahan, Kalikunal dan Kalidukuh. Masyarakat dan tokoh setempat bersatu untuk memperbaiki makam Kyai Santri yang berada di komplek pemakaman umum Dusun Pesanggrahan, Minggu (08/10/23).

Slamet Khilidin sebagai sesepuh Sidokumpul menjelaskan bahwa pembangunan ini adalah wujud dari darma bakti seluruh masyarakat kepada para pendahulu dan cikal bakal yang membangun perkampungan ini.

Bacaan Lainnya

“Ini bukan hanya memperbaiki fisik makam, tapi juga meneruskan semangat kebersamaan dan gotong royong yang menjadi warisan nenek moyang kita”, jelasnya.

Teguh Rahayu yang merupakan Kepala Dusun Pesanggrahan menambahkan bahwa pembangunan makam ini melibatkan kerjasama dari tiga (3) Dusun, yaitu Pesanggrahan, Kalidukuh dan Kalikunal. Khususnya, area makam mendapat bantuan dari keluarga Suwadi, pemilik toko Zenlian.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam pembangunan ini”, tambahnya.

Masyarakat berharap bahwa semangat gotong royong ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lain untuk melestarikan warisan leluhur dan membangun kebersamaan dalam mewujudkan masyarakat yang lebih baik.

“Proses gotong royong ini tidak hanya mempererat ikatan antar warga, namun juga menjadi simbol penghargaan terhadap nilai-nilai luhur dan kerinduan sejarah lokal”, pungkasnya.

Pewarta : Pujiono
Editor : Widiyo Prakoso

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.