Gelar Musrenbangdes, Warga Sungai Rotan Antusias Sampaikan Usulan

  • Whatsapp

OGAN ILIR, Beritategas.com – Pemerintah Desa Sungai rotan kecamatan Rantau Panjang kabupaten Ogan ilir melaksanakan Musrenbangdes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa) Tahun Anggaran 2024
Kantor Desa Sungai rotan pada Selasa (02/1/2024).

Musyawarah desa tersebut dihadiri stap kecamatan yang diwakili Sekcam ibuk Indah Ristianti dan Rusmala, kamtibmas Tegar dan kaspol Toni serta RT, kadus dan seluruh perangkat Desa, BPD, Tokoh masyarakat, tim penggerak Pkk, karangtaruna dan Ibu PAUD.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut digelar Musdes-sus Penetapan calon Penerima bantuan langsung Tunai dana Desa tahun anggaran 2024 yang dipimpin oleh Malyadi kasi kesra.

Nopriyanti kepala desa Sungai rotan memaparkan pada APBDes 2023, adapun semua bangunan dan baik ketahanan pangan telah dilaksanakan.

Pada kesempatan itu kades meyampaikan mohon maaf kepada masyarakat bagi usulan yang belum bisa di prioritaskan pembangunan jangan merasa berkecil hati.

“Puji syukur pagu tahun ini naik cuma enam juta walaupun sedikit kita manfaatkan. Harapan tahun yang akan datang bisa bertambah dan kita bisa memperbanyak bangunan bisa capai yang kita harapkan untuk desa Sungai Rotan,” ujar kades.

Lebih lanjut kades mengatakan, untuk bantuan BLT DD yang dulu 21 orang,”yang meninggal diganti dan penambahan satu jadi 22 orang untuk Keluarga Penerima Manfaat BLT DD tahun 2024 ini”, terang kades.

Sekcam kecamatan Indah mengatakan, musyawarah ini musyawarah kelanjutan 3 bulan yang lalu yang dipilih oleh BPD.

“Musdes hari ini musyawarah untuk yang diprioritaskan untuk masyarakat desa yang membutuhkan dan kader KPM untuk diprioritaskan stunting dan tahun ini tidak tertampung pagu kita mungkin di tahun depan kita lanjutkan lagi”, ujarnya.

Yulika Pendamping desa menambahkan, musrenbangdes pada hari ini yang pertama di kecamatan Rantau panjang ini tahun kerja di 2024. Untuk yang prioritas yang wajib sesuai peraturan desa no 13, permen desa tahun 2004, penangganan miskin ekstrim BLT DD dengan diambil 25 persen dari pagu dana desa namun tidak diharuskan jelas kriteria yang seperti kk tunggal dan rehabilitas sakit menahun tidak menerima bantuan lain dari pemerintah ketahanan pangan racun atau speyer itu bisa dikurangi kalau memang dibutuhkan oke saja.

“Dan posyandu remaja cating (calon pengantin) untuk kegiatan seperti stunting dan juga bundes penyertaan modal juga bisa diprioritaskan untuk tahun ini dan pakaian adat tepak bisa masuk dari operasional atau kita sesuaikan dengan pagu yang ada supaya pemerataan”, tuturnya

Malyadi mengungkapkan dari hasil musrenbangdes tersebut program kegiatan yang diprioritaskan meliputi WC, Jalan setapak dusun, Ketahanan pengan, sawah petak, bibit ikan, Karang taruna alat antar-antaran, Adat, RT, linmas, Tepak seragam RT, seragam linmas, Tim pengerak Pkk baju seragam dan peralatan Rebana dan bundes Penyertaan modal untuk pembelian kursi, PAUD, papan tulis buat anak belajar dan meja belajar.

Kepala desa Nopriyanti berharap kepada masyarakat desa Sungai rotan yang sudah dibangunkan wc,”itu dijaga jangan sampai rusak atau kotor karna masih banyak yang belum mempunyai wc”, pesan kades.

Pewarta: Junaidi
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.