Forum Kesenian Sidokumpul Manunggal Budoyo Terbentuk

  • Whatsapp

KENDAL, Beritategas.com – Hari ini, semangat kebersamaan berkobar di Desa Sidokumpul dengan berkumpulnya 8 kelompok kesenian jaran kepang. Antara lain, kelompok Wahyu Manunggal Setyo Budoyo dari Dusun Pesanggrahan yang diwakili oleh Bapak Daroji sebagai Ketua, Wahyu Sido Rukun dari Dusun Pablengan diketuai oleh Bapak Nasroh, kelompok Yogo Laras Sakti dari Dusun Krobokan dengan Bapak Cahyo Prabowo sebagai Ketua, Wahyu Sido Asih dari dusun gamping dengan Ketua bapak Masroh, Ki Penutur Manunggal dari Cipluk Barat dengan bapak Sulasno sebagai Ketua, Madyo Budoyo dari Krandegan dengan Bapak Sugeng sebagai Ketua, Mustiko Setyo Budoyo dari Kalidukuh dengan Ahmad Nur Arifin sebagai Ketua, dan Putro Turonggo Budoyo dari Pulelawang dengan bapak Yenuhri sebagai Ketua, Selasa (26/12/2023).

Paguyuban-paguyuban kesenian jaran kepang tersebut berkumpul untuk membentuk sebuah forum, komunitas, atau organisasi kesenian jaran kepang se Desa Sidokumpul.

Bacaan Lainnya

Menurut Bapak Wah Buwono, sesepuh Paguyuban Jaran Kepang Mustiko Setyo Budoyo, “Selama ini desa kami tidak mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, maka kami membentuk forum ini supaya pemerintah lebih tahu bahwa kami ada.”

Dari hasil musyawarah ini kemudian terbentuklah Forum Sidokumpul Manunggal Budoyo.

Hasil pertemuan hari ini melahirkan forum baru dengan nama “Sidokumpul Manunggal Budoyo.” Kepengurusan dijabat oleh Ahmad Nur Arifin sebagai Ketua, Nila sebagai Sekretaris, dan Masroh sebagai Bendahara.

Joko Hari Wardoyo, Sekretaris BPD dan sesepuh acara pembentukan forum kesenian, menyampaikan harapannya, “Dengan berkumpulnya paguyuban kesenian jaran kepang se Desa Sidokumpul ini, semoga para pelaku kesenian semakin kompak dan erat persaudaraannya.”

Joko juga mengajak para pelaku seni untuk mendukung Kabupaten Kreatif. “Para pelaku seni harus ikut mengisi formulir dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang disebut aplikasi SiBorang. Semoga langkah kami ini bisa membantu dan meyakinkan pemerintah pusat bahwa dari 17 subsektor ekonomi kreatif, terpilihlah kata kreatif Kendal di subsektor seni pertunjukan.”
Dengan terbentuknya Forum Kesenian Sidokumpul Manunggal Budoyo, diharapkan para pelaku seni di desa ini semakin kompak dan dapat memberikan kontribusi nyata dalam memajukan budaya dan seni.

Terbentuknya forum ini juga menjadi bukti nyata bahwa inisiatif bottom-up dari masyarakat dapat menciptakan perubahan positif dan kemajuan dalam segala aspek kehidupan di Desa Sidokumpul. Semoga Desa Sidokumpul semakin maju dan berdaya.

“Kami bersyukur dalam 3 bulan ini sudah terbentuk 2 forum masyarakat Sidokumpul, satu Forum UMKM dan Satu Forum kesenian ini. Semoga akan bertambah kelompok masyarakat yang akan membentuk forum yang lain guna kemajuan Sidokumpul”. Pungkas Joko.

Pewarta : Pujiono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.