Dua Napiter Lapas Kelas IIA Magelang Ucapkan Ikrar Setia Kepada NKRI

  • Whatsapp
Lapas
Istimewa

MAGELANG, Beritategas.com – Ikrar Setia Kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kembali diucapkan oleh seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau Narapidana Terorisme (Napiter) Lapas Kelas IIA Magelang, Jawa Tengah, Rabu (11/01/2023).

Napiter mengucapkan sumpah kesetiaan kepada NKRI dan mengakui Pancasila sebagai satu-satunya ideologi Negara, serta membuat pernyataan untuk meninggalkan pemahaman dari kelompok radikal dan segala bentuk perlawanan terhadap NKRI.

Bacaan Lainnya

Hal ini tentu menjadi bukti keberhasilan Pemasyarakatan dalam membentuk WBP agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana lagi.

Prosesi sakral ini terselenggara di Lapas Kelas IIA Magelang disaksikan langsung oleh Plt. Kepala Lapas Kelas IIA Magelang Kusbiantoro dan para pejabat dari instansi terkait. Yaitu dari Polres Magelang Kota, Kodim 0705/Magelang, Kepala Kemenag Kota Magelang, Kepala Kesbangpol Kota Magelang. Serta Kepala BNPT Kota Magelang, Danramil 01/Magelang Tengah Mayor Inf Y. Totok, Kapolsek Magelang Tengah AKP Tri Iwan Kusumo Wardono, Babinsa Kelurahan Cacaban Koramil 01/Magelang Tengah Serka Samsudin dan sekitar 40 pegawai Lapas.

Plt. Kepala Lapas Kelas IIA Magelang Kusbiantoro berharap, ikrar tersebut tidak hanya diucapkan secara lisan saja namun juga tulus dari hati yang mengucapkan.

“Saya berharap penuh ikrar ini diucapkan dengan sebaik-baiknya dengan tulus dari dalam hati, untuk tidak lagi melakukan tindakan yang bertentangan dengan NKRI,” ucap Kusbiantoro.

Selanjutnya Kusbiantoro juga mengharapkan Napiter yang baru mengucap ikrar dapat mengajak rekannya yang lain untuk kembali setia kepada Ibu Pertiwi dan mengamalkan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Usai kegiatan, Kapolsek Magelang Tengah Polresta Magelang Kota AKP Tri Iwan Kusumo Wardono, mengatakan prosesi pengucapan Ikrar Setia Kepada NKRI oleh dua Napiter Lapas Kelas IIA magelang berlangsung tertib dan lancar. Senada dengan Plt. Kalapas, Kapolsek berharap para Napiter tersebut benar-benar berikrar dengan tulus, sehingga ke depan setelah bebas dapat kembali bermasyarakat dengan baik.

“Seperti kita saksikan tadi, kita semua berharap para Napiter yang mengucapkan Ikrar Setia Kepada NKRI secara tulus. Kedua Napiter kita juga berharap mereka mengajak rekan-rekannya untuk kembali setia kepada NKRI,” ucap AKP Tri Iwan Kusumo Wardono.

Pewarta : Nur Malasari Ningsih
Editor : Widiyo Prakoso

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.