Basarnas Provinsi Jambi Siagakan 100 Personil Amankan Nataru 2020

  • Whatsapp

JAMBI – Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru mendatang, pihak Badan SAR Nasional (Basarnas) Jambi siagakan sebanyak 100 personil. Beberapa posko disiagakan diantaranya kawasan Tanggo Rajo, Ancol, Kota Jambi.

Kepala Basarnas Jambi, Ibnu Harris Al Hussain mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut bekerja sama dengan TNI-Polri, Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi dan Instansi terkait lainnya.

“Personil telah kita siagakan yakni pada sejumlah tempat diantaranya Kantor SAR Jambi, tungkal dan dua pos di Kabupaten Kerinci dan juga di Kabupaten Bungo,” sebutnya, Selasa (22/12/2020).

Masih kata Ibnu, jalur lintas Sumatera dan perairan Selat Malaka terutama pada Selat Berhala termasuk kawasan yang rawan kecelakaan.

“Daerah laka laut yang sangat rawan karena merupakan daerah penyeberangan dan di sepanjang sungai banyak masyarakat yang melakukan aktivitas harian sehingga merupakan daerah rawan,” terangnya.

Ibnu menegaskan bahwa selama tahun 2020, setidaknya telah terjadi 37 kecelakaan laut atau kejadian yang ditangani oleh Basarnas Provinsi Jambi, diantaranya kejadian di Kabupaten Merangin, Kerinci dan Bungo.

Dijelaskannya, kasus yang sering terjadi ialah yang membahayakan keselamatan jiwa manusia seperti tenggelam,”selanjutnya pengevakuasian di hutan dan kecelakaan laut seperti nelayan hilang, mesin kapal mati di tengah sungai atau laut dan nelayan yang ditabrak kapal lain,” ujarnya.

Menghadapi masa libur Natal dan Tahun Baru, Ibnu kembali menghimbau dan mengingatkan masyarakat agar senantiasa tetap menjaga keselamatan ketika di perjalanan mudik, tetap berhati-hati ketika liburan di kawasan atau tempat wisata dan ketika di perjalanan mudik silaturahmi dengan keluarga,” tutupnya.

Reporter : Harvery
Editor : Firman

Pos terkait

banner 300600banner 300600

Tinggalkan Balasan