Babinsa Bantu Pembuatan Pematang Sawah Demi Suksesnya Bercocok Tanam

  • Whatsapp

SRAGEN, Beritategas.com – Serda Rohmadi yang menjadi Babinsa Desa Doyong Koramil 16/ Miri, Kodim 0725/Sragen melaksanakan pendampingan Upsus kepada petani. Pada kesempatan ini membantu membuat galengan sawah seluas kurang lebih 2.300 meter, dalam rangka percepatan tanam selanjutnya. Aksi membuat galengan sawah dilakukan di sawah milik Suwarno Poktan Dadi Mulyo, Dukuh Grabyak, RT 11, Desa Doyong, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Kamis (18/04/24).

Rohmadi berharap kehadirannya dapat memberikan motivasi kepada para petani sehingga menjadi lebih semangat dalam bekerja dan mampu meningkatkan hasil pada saat panen nanti.

“Semoga kehadiran Babinsa di persawahan dan membantu membuat galengan, menjadi semangat tersendiri bagi petani”, jelasnya.

Menurut Rohmadi, Pembuatan galengan atau pematang sawah menggunakan alat cangkul dengan cara mencangkul pada batas sawah dan dibentuk selokan agar air yang digunakan untuk mengairi sawah tidak terhambat, dengan cara ini dapat menghemat air dalam proses mengolah sawah sebelum dibajak.

“Manfaat pematang sawah adalah untuk menghemat air dan memperlancar aliran air. Namun bukan hanya itu saja manfaatnya, selain itu juga untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistem membuat galengan juga berguna untuk pembatas sawah satu dengan sawah yang lain”, pungkas Rohmadi.

Pewarta : S Haryono
Editor : Widiyo P

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.