Askweni Bakal Revitalisasi Lahan Persawahan di Kijang OKI

  • Whatsapp
Askweni
Suasana reses Anggota DPRD Sumsel, Askwensi

KAYU AGUNG, Beritategas.com – Berkunjung ke Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), daerah pemilihan Sumsel III, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan, H. Askweni, S.Pd, merencanakan bakal melakukan revitalisasi lahan persawahan di beberapa desa yang ada di wilayah Kijang.

Hal tersebut disampaikannya setelah mendengarkan usulan yang disampaikan oleh beberapa masyarakat, pada kegiatan Reses Tahap I Tahun 2023, di Desa Tanjung Alai, Kecamatan SP Padang, Jumat (10/3/2023), kemarin.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, adapun langkah yang bakal dilakukan dalam mengatasi permasalahan lahan persawahan yang telah lama tidak produktif lagi, yakni dengan melakukan revitalisasi pada lahan persawahan dan normalisasi aliran sungai.

“Revitalisasi adalah suatu proses atau cara dan perbuatan untuk menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya terberdaya. Oleh karena itu lahan persawahan yang telah disampaikan tadi akan kita usulkan untuk dilakukan revitalisasi,” ujar pria yang merupakan putra daerah Kijang ini.

Sebelumnya pada kegiatan reses tersebut, beberapa masyarakat menyampaikan bahwa dampak dari faktor alam ataupun hal-hal lain yang tidak kami mengerti, mengakibatkan air yang ada di lahan persawahan lebak milik masyarakat tidak kunjung surut.

Sehingga dampaknya berakibat pada tumbuhnya rumput ataupun tanaman liar yang menjadi semak belukar pada lahan persawahan milik warga beberapa desa dalam wilayah Kijang.

“Permasalahan ini sudah sejak lama kami alami hingga belasan tahun lamanya. Lahan persawahan yang dulunya produktif menjadi lebak rawa yang penuh tumpukan rumput setiduk yang berlapis dan mengakar ke tanah,” beber warga seraya menjelaskan bahwa tebalnya lapisan rumput yang penuh dengan duri tersebut, tidak bisa lagi dikerjakan dengan menggunakan tenaga manusia.

Pewarta : M. Yasin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.