Aksi Heroik, Babinsa Evakuasi ODGJ yang Sakit dengan Menggendongnya

  • Whatsapp

KENDAL, Beritategas.com – Bermacam-macam problema kehidupan mengakibatkan orang mengalami gangguan jiwa dan meninggalkan rumah. Seperti halnya Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang beberapa hari terakhir tinggal di rumah kosong yang terletak di Dusun Kalidukuh, Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Kamis (18/04/24).

Babinsa selain melakukan Komsos di wilayah binaan dengan bersilaturahmi kepada tokoh masyarakat, juga mengamati beberapa hal yang kiranya akan mengancam keamanan serta kenyamanan di wilayah binaannya.

Sertu Nuryanto selaku Babinsa Desa Sidokumpul mendapat informasi dari Salindo selaku Kadus Kalidukuh bahwa Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) telah beberapa hari menempati rumah kosong tersebut.

“Beberapa hari ini dia tidak keluar dan warga curiga, jadi kami melihat keadaannya dan ternyata diam saja dan tidak makan. Oleh karena itu, kami anggap dia sakit dan langsung saya laporkan ke Pak Kades untuk segera dievaluasi ke rumah sakit”, tutur Kadus kepada Babinsa.

Setelah mendapat informasi tersebut, Sertu Nuryanto selaku Babinsa Desa Sidokumpul serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal yang diwakili oleh tim dari Puskesmas Patean, relawan Patean, Pemerintah Desa Sidokumpul dan masyarakat sekitar melakukan evakuasi terhadap Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) tersebut.

Setelah Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) tersebut dibersihkan dan diganti bajunya oleh Suprih Santoso yang merupakan bagian kesehatan jiwa Puskesmas Patean, Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) tersebut digendong tanpa ragu oleh Sertu Nuryanto untuk dibawa ke ambulance guna pengobatan ke RSUD Kendal.

“Ini tugas kami untuk selalu tanggap dan cepat membantu dan meringankan beban masyarakat”, pungkas Sertu Nuryanto selaku Babinsa Desa Sidokumpul.

Pewarta : Widiyo P dan Pujiono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.