ASN Berperan Penting Wujudkan Tujuan Negara Harus Tegakkan Ideologi Pancasila

  • Whatsapp
ASN
Istimewa

KLATEN, Beritategas.com – Asiseten lll Sekertariat daerah (Setda) kabupaten Klaten Surti Hartini menegaskan aparatur sipil negara (ASN) mempunyai peran penting dalam mewujudkan tujuan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) seperti yang termaktub dalam alinea ke_4 pembukaan UUD 1945.

Tujuan NKRI itu yakin melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Bacaan Lainnya

Penegasan asisten lll Setda kabupaten Klaten Surti Hartini tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi (rakor) bagian protokol dan komunikasi pimpinan ( prokopim) Setda kabupaten Klaten yang diadakan di resto latare Simbah Klaten Minggu (12/6).

Kegiatan tersebut dihadiri pelaksana tugas (Plt) kepala bagian prokopim Setda Klaten yang juga sub koordinator komunikasi pimpinan (kopim) Tri Nugroho Pujo Warno, sub Koodinator protokol Poniran pimpinan Muhamad Nurcahyo Sasongko.

Surti Hartini menjelaskan unsur – unsur terbentuknya negara yakni mempunyai penduduk yang tetap wilayah yang pasti pemerintahan dan kemampuan untuk mengadakan hubungan dengan negara lain.

Kemudian negara di pimpin oleh pemerintah dan pemerintah untuk mewujudkan tujuan negara salah satunya dengan mengangkat ASN sedangkan ASN sendiri ada dua yaitu pegawai negara sipil (PNS ) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Untuk pemerintah pusat dipimpin presiden, provinsi dipimpin gubernur, kabupaten dipimpin Bupati dan untuk kota dipimpin walikota.

Dalam mewujudkan tujuan negara ASN mempunyai tiga fungsi utama yaitu melakukan pelayanan publik pelaksana kebijakan pemerintah dan sebagai alat pemersatu bangsa.

Surti Hartini menyampaikan fungsi pertama ASN adalah melakukan pelayanan publik seperti yang dilakukan ASN di organisasi pemerintah daerah (OPD ) yang dibentuk pemerintah misalnya pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil di dinas dukcapil Klaten.

Kemudian pelayanan perjanjian dan berbagai jenis pelayanan publik lainnya contohnya di bagian prokopim yang melayani keprotokoleran dokumentasi pimpinan maupun komunikasi pimpinan.

Sebagai pelaksana kebijakan pemerintah maka tugas ASN salah satunya adalah mendukung terwujudnya visi pemerintah kalau untuk kabupaten Klaten ASN harus mendukung terwujudnya visi Bupati Klaten Sri Mulyani dan wakil Bupati yoga Hardaya seperti yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kabupaten Klaten tahun 2021-2022 yakni terwujudnya masyarakat Klaten yang maju mandiri dan sejahtera.

Surti Hartini menambahkan ASN sebagai alat pemersatu bangsa wajib hukumnya untuk menegakkan 4 pilar berbangsa dan bernegara yakni Pancasila UUD 145 bhineka tunggal Ika dan NKRI.

ASN harus menegakkan ideologi Pancasila sebagai dasar negara ASN wajib hukumnya mewaspadai dan menolak ideologi selain Pancasila.

Sementara itu plt kepala bagian prokopim Setda Klaten yang juga sub koordinator komunikasi pimpinan Tri Nugroho pujo Warno dalam arahan meminta seluruh jajaran ASN dan supoorting ASN untuk selalu menjaga kekompakan.

Ia berharap ASN dan supporting masing – masing sub koordinator namun antar sub koordinator agar bisa saling membantu dalam pelaksana sehingga ke depan tugas protokol dokumentasi pimpinan dan komunikasi pimpinan akan semakin baik apalagi ASN dan supporting ASN di bagian prokopim ini rata-rata masih muda sehingga harapan nya tugasnya semakin baik.

Sedangkan sub koordinator protokol Poniran mengatakan rakor bagian prokopim salah satunya juga membahas pengembangan website Yani https//prokopim Klaten go id/web dalam rangka mendukung keterbukaan informasi publik kabupaten Klaten.

“Saat ini website bagian prokopim Setda Klaten sudah cukup bagus namun harus terus dilakukan pemerintah dan ditingkatkan agar semakin baik,” ujarnya.

Pewarta : Armila
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.