Trah Sultan Hadiwijaya Ziarah Ke Leluhur Menjelang HUT Kemerdekaan RI Ke 78

  • Whatsapp
Ziarah
Trah Sultan Hadiwijaya Ziarah Ke Leluhur

SRAGEN, Beritategas.com – Menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-78, keluarga Trah Sultan Hadiwijaya (Joko Tingkir) melakukan ziarah ke makam leluhur di komplek Makam Butuh Dukuh Butuh, Kelurahan Gedongan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Rabu (16/08/23).

Andun Jaelani selaku salah satu sesepuh Trah Sultan Hadiwijaya menyampaikan bahwa menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-78, Trah Sultan Hadiwijaya melakukan ziarah leluhur guna mengenang perjuangan leluhur.

“Alhamdulillah, sehari menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-78 ini, kami selaku Trah Sultan Hadiwijaya bisa berziarah ke leluhur. Disamping nyekar Eyang, kami juga bisa mengenang akan perjuangan Eyang”, jelas Andun.

Sementara Muhammad Aziz selaku juru kunci makam Sultan Hadiwijaya di Butuh menambahkan bahwa kegiatan ziarah menjelang hari kemerdekaan yang dilakukan oleh Trah Sultan Hadiwijaya adalah sebagai pererat Trah.

“Kegiatan ziarah menjelang HUT Kemerdekaan ke-78 ini disamping untuk mengenang perjuangan leluhur, juga guna untuk mempererat silaturahmi Trah Sultan Hadiwijaya. Yang sudah kita ketahui bersama bahwa Trah Sultan Hadiwijaya ini sudah tersebar luas di wilayah NKRI, kalau tidak menjaga silaturahmi bisa-bisa putus dan saling tidak mengetahui kalau sama-sama Trah dari Sultan Hadiwijaya”, tambah Aziz.

Hal senada disampaikan oleh Rudi Isdarmanto selaku pemrakarsa Trah juga menyampaikan hal yang sama. Disamping guna mengingat perjuangan para leluhur, juga guna memperkuat dan menjaga Trah Sultan Hadiwijaya.

“Sehari menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-78, kita bisa berkumpul dengan sesepuh dan bisa mendengar wejangan-wejangan beliau. Disamping mendapat arahan guna menjaga Trah, juga mendapatkan cerita tentang perjuangan para leluhur. Semoga kedepannya Trah Sultan Hadiwijaya ini tetap terjaga dan utuh sampai kapanpun. Aamiin”, pungkas Rudi.

Pewarta : Widiyo Prakoso
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.