Target Ambisius Kepala Desa Kalipakis Zero Stunting 2024

  • Whatsapp

KENDAL, Beritategas.com – Desa Kalipakis, Kecamatan Sukorejo, Kendal, menggelar penilaian lomba penurunan stunting tahun 2023 yang dihadiri oleh DP2KBP2PA, Dispermasdes, PKK Kabupaten, Kabid Kesmas/Dokter profesi, Dinas Kesehatan kabupaten Kendal, Forkopimcam kecamatan Sukorejo dan dihadiri oleh politikus dari partai kebangkitan bangsa sekaligus Caleg DPRD 2 kabupaten kendal Dapil 4 kendal Ibu Hj. Niken Larasati dan warga. Acara dibuka meriah dengan penampilan Penari tradisional siswi SDN 1 Kalipakis, Kamis (16/11/2023)

Anwar, Kepala Desa Kalipakis, memaparkan upaya menurunkan angka stunting. Dalam 9 bulan menjadi Kepala Desa Kalipakis, jumlah anak stunting yang berhasil berkurang dari 39 anak menjadi 16 anak.

Bacaan Lainnya

“Program desa fokus pada pemeliharaan ikan dalam ember guna memenuhi gizi keluarga. Dengan melihat perkembangan dan keyakinan saya mempunyai Target tahun 2024 adalah stunting 0 atau Zero Stunting di Desa Kalipakis. Saya sebagai kepada Desa mohon Bantuan kepada semua yang hadir di sini untuk membantu mewujudkan target Zero Stunting di Desa Kalipakis pada tahun 2024,” ujarnya.

Tejo Pramono Sakti, Camat Sukorejo, menyoroti manajemen terpadu pencegahan stunting dan budidaya ikan dalam ember sebagai solusi untuk mencapai desa bebas stunting. Inovasi kecamatan Sukorejo dalam manajemen terpadu melalui program Edukasi, Konsultasi, Masalah Agama, dan Kesehatan (ES KOLAK) menjadi landasan penting untuk penurunan Stunting di Kecamatan Sukorejo.

Dengan adanya Perpres 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting. Pemerintah Desa semakin yakin untuk melangkah menurunkan Stunting di desa masing masing karena landasan hukum dan asal pendanaannya sudah jelas di atur dalam Perpres tersebut dan tidak hanya sebuah formalitas saja seperti tahun tahun sebelum Perpres itu ada.

Kepala Puskesmas 1 Sukorejo, Jamal, menjelaskan pemilihan Kalipakis sebagai tempat penilaian karena Prosentase tingkat stunting tertinggi di desa ini di hitung dari jumlah Balita yang ada di desa Kalipakis dengan jumlah kasus Stunting yang ada di sini. bukan di hitung dari jumlah yang kena Stunting. Jumlahnya sedikit tetapi prosentasenya besar. Dengan kerja sama yang solid, target Kalipakis bebas stunting pada tahun 2024 diyakini tercapai.

Niken Larasati, politikus PKB dan Caleg DPRD 2 Kabupaten Kendal, mengapresiasi penurunan kasus stunting di Kalipakis dari 39 menjadi 16 kasus. “Semoga target 0 stunting di Kalipakis pada 2024 Terwujud,” ucapnya.

Sri Rohayati, Kabid Kesmas Kabupaten Kendal dan ketua tim penilai, memberikan penghargaan kepada Desa Kalipakis yang masuk 3 besar terbaik dalam administrasi. Tim penilai juga memberikan dukungan penuh terhadap target Desa Kalipakis menuju stunting 0 tahun 2024.

Pewarta : Pujiono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.