Suara Generasi Muda Pada Pilkada 2024

  • Whatsapp

Oleh : Muhamad Riki Apriadi
Mahasiswa Ilmu Pemerintahan
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Gebyar Pilkada 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang. Pilkada adalah proses pemilihan Kepala Daerah memalui proses penghitungan suara yang dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Pemilihan kepala daerah di Indonesia adalah dilakukan secara langsung oleh penduduk daerah administratif lokal yang memenuhi syarat calon. Pemilihan kepala daerah dilakukan satu paket bersama dengan wakil kepala daerah.

Bacaan Lainnya

Generasi muda (Gen Z) yang mencapai batas usia 17 tahun keatas, terdaftar sebagai pemilih merupakan hak dan kewajiban sebagai seorang warga negara Indonesia. Generasi muda memiliki peran penting dalam Menyokong keberhasilan Pilkada, untuk pertama kalinya Generasi muda mendominasi sebagai Daftar Pemilih Pilkada.

Karena banyaknya pemilih dari generasi muda, sehingga ada dari kontestan Pilkada yang memperebutkan suara dari generasi muda, Mereka bahkan berjanji untuk memperjuangkan gagasan serta kepentingan generasi muda. Keterlibatan generasi muda dalam pilkada adalah sebagai wujud masa depan, yang memiliki potensi untuk membawa perubahan yang positif bagi setiap daerah di Indonesia.

Generasi muda acap kali di gembar-gemborkan sebagai generasi yang melek teknologi, kritis dalam berpikir, dan inovatif. Generasi muda, mudah berbaur dengan semua kalangan, tidak memberi sekat kepada dirinya, berani berbicara dan berani berbuat. Sehingga generasi muda dianggap sebagai pemilih yang jujur, adil, dan pemilih yang bersih.

Pilkada seringkali memicu berbagai macam perspektif dan menimbulkan kegaduhan, ujaran kebencian, berita Hoax yang acap kali tersebar di berbagai macam platform media sosial.

Keterlibatan generasi muda dalam pilkada diharapkan untuk meminimalisir hal-hal negatif, seperti hoax dan juga propaganda di media sosial yang dapat memecah belah berbagai pihak, yang berdampak buruk bagi pesta demokrasi Pemilu 2024.

Generasi muda tidak hanya berperan sebagai Pemilih tetapi juga melibatkan dirinya sebagai bagian penyelenggaraan pilkada, mulai dari tingkat tempat pemungutan suara (TPS), Menjadi seorang penyelenggara Pilkada artinya siap untuk menjadi bagian dari integral dari proses demokratisasi. Menjadi tim pemenangan kandidat pilkada nantinya.

Generasi muda cenderung lebih peduli terhadap isu isu sosial, lingkungan dan juga pendidikan, generasi muda ingin adanya perubahan positif bagi masyarakat Indonesia, Generasi muda juga aktif dalam mempertahankan hak suara.

Suara generasi muda sangat penting dalam pilkada karena mereka adalah kelompok yang paling banyak terpengaruh oleh kebijakan pemerintah. Selain itu, generasi muda juga memiliki pandangan yang berbeda tentang isu-isu penting yang mempengaruhi negara kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi generasi muda untuk menggunakan hak suara mereka dan memastikan bahwa suara mereka didengar dalam pilkada.

Generasi muda cenderung mendambakan pemimpin yang memperhatikan isu-isu penting seperti pendidikan, kesehatan lingkungan, hukum ,ekonomi keadilan dan kesejahteraan masyarakat, serta memiliki visi untuk masa depan sebuah daera. Pemimpin yang memiliki jiwa keteladanan serta memberikan citra baru dan tulus kepada rakyatnya.

Dikutip dari laman Media Center, Bupati Tanbu Abah Zairullah Azhar di wakili Camat Kuranji, Taryono mengatakan budaya politik bertujuan memantapkan demokrasi pada kehidupan masyarakat.

“Pemuda harus terlibat langsung dalam mendorong peningkatan kualitas kesadaran politik melalui pendidikan politik ini,” Ujarnya.

Ia berharap pemuda dapat menjadi penyelamat suara Rakyat Indonesia.
“Sehingga calon pemimpin yang terpilih itu benar-benar kehendak suara rakyat,” harapnya.

Peran pemuda juga di harapkan Bupati dapat mencegah pelanggaran dan korupsi politik yang biasa terjadi pada Pemilu.

“Sehingga Pemilu/Pilkada serentak tahun 2024 di daerah nantinya dapat terlaksana sebagai Pemilu yang aman, tertib, dan bersih guna mewujudkan Tanah Bumbu Bersujud sebagai Serambi Madinah,” pungkasnya.

Generasi muda berharap agar pilkada 2024 menjadi pilkada yang adil, demokratis, dan transparansi. Hingga banyaknya suara generasi muda sebanding dengan apa yang di impikan oleh para generasi muda, Pemimpin yang bertanggung jawab terhadap Rakyatnya.

Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.