Sosialisasikan Pencegahan Karhutlah, Polda Lepas 300 Personel

  • Whatsapp
Karhutlah

PALEMBANG, Beritategas.com – Polda Sumsel lepas Sebanyak 300 Personel Dengan tugas utama Mensosialisasikan Pencegahan karhutla. Hal itu dilakukan akibat karhutla di Sumsel kian hari kian mengkhawatirkan yang membuat sejumlah elemen masyarakat melakukan aksinya untuk mencegahnya.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK menyampaikan hal itu saat melepas Personel Operasi Stop Karhutla Musi 2023 di halaman depan Gedung Utama Presisi Polda Sumsel, Rabu (13/9/23).

Bacaan Lainnya

Kapolda mengungkapkan cara bertindak tim Stop Karhutla sudah dilatih kan saat gelar pra ops stop karhutla beberapa waktu yang lalu diantaranya personel akan tinggal menetap disekitar 36 desa, dengan target tidak ada api disekitar desa tempat tinggal personel operasi Stop Karhutla serta memberikan edukasi kepada masyarakat secara persuasif untuk tidak membuka lahan dengan membakar serta bahaya Karhutla bagi lingkungan.

“Tolong Salurkan Sembako (- + 20 ton beras red) kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar mantan Kapolda Jambi.

Selama pelaksanaan operasi yang berlangsung mulai 13 September-13 Oktober 2023.

“Karena itu laksanakan tugas dengan penuh keikhlasan. Ini tugas kita untuk melindungi sesama (manusia red) misi kemanusiaan, misi penyelamatan lingkungan hidup, kita sama-sama bertekad untuk wilayah udara Sumsel yang lebih jernih sejuk dan segar. Selamat melaksanakan tugas dalam satu bulan ini dengan baik dapat menghasilkan yang baik apapun kita lakukan guna mencegah Karhutla sesuai Kemampuan Profesi secara bersama sama” kata Kapolda.

Untuk itu, disini pihaknya mengetuk kepedulian semua pihak termasuk para pengusaha.

“Yang kami sengaja undang agar dapat urunan membantu sehingga operasi ini dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang diharapkan,” ungkap Kapolda.

Satu bulan kedepan, personel Polri yang ikut dalam operasi ini diantaranya terdiri dari personel Satbrimobda Polda Sumsel, Ditsamapta, Dit Intelkam, Dit Polairud serta polres dimana lokasi Karhutla itu terjadi dibantu unsur TNI dan masyarakat.

Dalam kegiatan yang dihadiri Kapolda
Sumsel Irjen Pol. A Rahmad Wibowo, S.I.K.didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol. M.Zulkarnain, S.I.K, M.Si Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol.Ulung Sampurna Jaya, S.I.K, M.H, Para PJU Polda Sumsel, Kapolres OKI, AKBP Deli Yanto, S.I.K, S.H, M.H Kapolres Muba, AKBP. Imam Safi’i, S.I.K, M.Si, Wakapolres Mura diwakili Kabag Ops Kompol. Harsono, S.H, serta Para Kapolres/Tabes Jajaran (mengikuti secara virtual dari wilayah masing-masing bersama dengan PJU Polres dan Kapolsek jajaran.

Sedangkan undangan dari Forkompimda tampak hadir Gubernur Sumsel diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDD Nelson Firdaus, Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Pangdam II Sriwijaya diwakili ren OPS sopsdam letkol syahri, Kajati Sumsel diwakili jaksa fungsional aspidum Irwan hadi, Danlanud SMH diwakili Dansatpom Lanud Mayor POM Ahsanul Arifin, Danlanal Palembang diwakili Dansatma Lanal Letda Laut (P) Gadafi, Danrem 044/Gapo, Kalaksa BPBD H. Iriansyah, S.Sos., SKM., M.Kes, Basarnas diwakili Kabag Sumber Daya Syamsul Pudianto, S.Sos., M.Si, KA yang BMKG Wandayantolis, S.Si., M. Si.Ka Dinkes Sumsel diwakili Kabid P2P H. Ferry Yanuar, SKM., M.Kes., Kadis Kehutanan Pandji Tjahjanto, S.Hut., M.Si., Kadis Perkebunan diwakili Erlan Kagami, SP., M.Si Hengki, SP., Oscar PradiptKadis Pertanahan, Ka Balai PPI Karhutlah diwakili Kepala Seksi Candra Irfansyah
Direktur APP Sinarmas diwakili Bapak Effendy serta sejumlah komunitas diantaranya Kopdar Kamtibmas, Komunitas Masyarakat Peduli Api dan lainnya.

Pewarta : Sadiman
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.