Roadshow TPAKD Provinsi Sumsel Di Kabupaten OKU

  • Whatsapp
KUR
Istimewa

BATURAJA, Beritategas.com – Roadshow Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumsel Tahun 2022 di Kabupaten OKU Dalam Rangka “Sosialisasi Peningkatan Literasi Keuangan dan Optimalisasi Produk dan Layanan Keuangan Melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) Serta Optimalitas Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) Bagi Pelajar di Kabupaten OKU di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU. Rabu (26/10/2022).

Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumsel sekaligus Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumsel H. Afrian Joni, SE, MM, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesiapan Pemkab OKU untuk mensukseskan Roadshow Literasi dan Inklusi Keuangan, Optimalisasi Akses Keuangan Kepada UMKM dan Pelajar oleh TPAKD Provinsi Sumsel Tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Tim percepatan akses keuangan daerah yang mengikutsertakan stakeholders dan OPD terkait, memiliki misi utama adalah menyediakan media saluran yang akan mengoptimalkan koordinasi antar lembaga pemerintahan serta pemangku kepentingan lainnya guna membuka akses kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses sektor jasa keuangan yang seluas luasnya dalam rangka akselerasi pertumbuhan ekonomi di daerah.

Untuk keberhasilan Roadshow TPAKD Provinsi Sumsel ini, gerakan percepatan untuk fasilitasi kemudahan dan kelancaran saluran dukungan dana pemerintah dan lembaga perbankan swasta di daerah melalui literasi dan inklusi keuangan, tentunya akan memberikan manfaat dalam hal penguatan ekonomi mikro dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dengan cara pemberdayaan potensi usaha ekonomi produktif.

Kadinsos Provinsi Sumsel Mirwansyah, SKM, M.KM., pada kesempatan itu juga menyampaikan, peranan Pemerintah Daerah sangat besar dalam pemberdayaan masyarakat, banyak sekali usaha masyarakat di daerah yang potensial untuk dikembangkan namun terkendala oleh permasalahan teknis usaha, kualitas industri, dan permodalan.

“Melalui program yang diusung dalam program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah dapat mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dengan adanya relaksasi KUR ini tentunya mampu membuat pelaku UMKM bertumbuh,” ujarnya.

Dikatakan, Penjabat Bupati OKU sekaligus Ketua Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten OKU H.Teddy Meilwansyah., kegiatan roadshow literasi dan inklusi keuangan, optimalisasi akses keuangan daerah kepada umkm dan pelajar oleh tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) Provinsi sumsel di Kabupaten OKU, tentunya dengan tujuan untuk mendorong penguatan fungsi TPAKD dalam mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah dalam mengefektifkan kelancaran akses dan distribusi keuangan daerah agar semua program pembangunan yang bersifat pemberdayaan potensi perekonomian di tingkat daerah berjalan stabil dan terus berkembang.

Selain itu, tambahnya juga untuk mendorong pengembangan dan pemberdayaan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten OKU.

“Dengan penguatan sektor-sektor ekonomi produktif, termasuk memberdayakan potensi para pelajar dalam membantu sirkulasi keuangan melalui program gemar menabung,” kata dia.

Untuk mensosialisasikan dan mendorong terlaksananya pemahaman akan pentingnya literasi dan inklusi keuangan serta kelancaran akses keuangan daerah bagi para pelaku usaha UMKM dan sejenisnya.

Kegiatan roadshow ini menjadi sangat penting karena bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam hal menjamin roda perekonomian nasional dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

“Menyambut positif kegiatan ini, karena dipastikan akan bermanfaat besar bagi kelancaran akses keuangan daerah melalui penyaluran yang cepat, mudah, dan tepat bagi sasaran program kredit usaha rakyat terhadap pelajar dan pelaku UMKM,” ujar dia.

Sambungnya, kegiatan Roadshow Literasi dan inklusi keuangan, optimalisasi akses keuangan daerah kepada UMKM dan Pelajar oleh tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) Provinsi sumatera selatan di Kabupaten OKU saat ini, Pemkab OKU juga sangat mengharapkan masukan penting berupa kajian dan berbagi pengalaman dari TPAKD Provinsi Sumsel, yang dalam hal ini OJK, Bank Indonesia, Kantor perbendaharan negara, serta Pemerintah Provinsi Sumsel, yang telah berkomitmen untuk mendukung pemerintah daerah dalam memfasilitasi dan melakukan pendampingan percepatan akses keuangan daerah, dan tpakd sudah pasti diharapkan bisa berkontribusi dalam mendukung sistem pengelolaan dana bergulir yang aktif, efektif, dan inovatif dalam penyaluran program kredit usaha di bidang pengembangan komoditi atau produk dan jenis usaha unggulan.

“Ucapan terima kasih Kepada Pemerintah Provinsi Sumsel atas pemberian bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada masyarakat Kabupaten OKU,” ujarnya.

Sementara Korwil Internernational Council For Small Business (ICSB) sekaligus Ketua Pembina UMKM Provinsi Sumsel HJ. Samantha Herman Deru., menyampaikan apresiasi dan rasa hormat atas kerja keras TPAKD Provinsi sumsel untuk memotivasi TPAKD Kabupaten OKU agar semakin semangat menghasilkan kerja nyata yang bersifat mendongkrak tingginya akses keuangan daerah bagi masyarakat luas.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Simbolis Kepada UMKM Kabupaten OKU dan program satu rekening satu pelajar (KEJAR) bagi pelajar , Penyaluran Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) di Kabupaten OKU dan Penyerahan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dari Provinsi Sumsel Kepada Pemerintah Kabupaten OKU.

Acara dihadiri Kadinsos Sumsel, Mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumsel, Kepala Biro Perekonomian setda Prov. Sumsel, Korwil Internernational Council For Small Business ( ICSB ), Kepala Bagian Kemitraan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumsel, Kepala Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel (Perwakilan di Baturaja ), Ketua DPRD Kabupaten OKU, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja, Mewakili Forkopimda OKU, PJ. Ketua TP. PKK OKU, Sekda OKU, Ketua DWP OKU, Asisten, Staf Ahli Bupati,, OPD, Kabag, Para Camat, Para Pimpinan BUMN/BUMD Para Pimpinan Perbankan OKU serta Undangan Lainnya.

Pewarta : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.