Ritual Wetonan Peringati Hari Kelahiran Negara Republik Indonesia

  • Whatsapp
Wetonan
Suasana wetonan

SOLO, Beritategas.com – Banyak orang yang tidak tahu bahwa hari Jumat legi adalah hari yang bersejarah bagi Republik Indonesia dan masyarakat Jawa khususnya. Mengapa, ternyata hari Jumat legi adalah hari lahirnya Negara Republik Indonesia di jalan Pegangsaan timur nomor 56 pada hari Jumat legi tanggal 17 agustus 1945 jam 10 pagi itulah Negara Republik Indonesia lahir.

Maka pada hari kamis kliwon malam jumat legi di tengah Taman Sriwedari tepatnya di tengah segaran rumah tua peninggalan Sinuwun PB X di adakan peringatan sakral yaitu wetonan Negara Republik Indonesia.

ketika Beritategas menyambangi ritual tersebut dan bertemu dengan tokoh masyarakat Solo Drs Haji Suyanto mengatakan bahwa ritual Wetonan seperti ini memang adat Jawa (masyarakat Jawa), untuk memperingati hari kelahiran itu memang menggunakan hari dan pasaran.

Ritual Wetonan tersebut dilaksanakan oleh komunitas Sanggar Thiosofi Solo yang dipimpin oleh budayawan kawakan Solo Ki Jhantit sanakala.

“Ritual Wetonan tersebut memang diadakan rutin setiap malam Jumat legi sejak dahulu di joglo peninggalan Sinuwun PB X ini”, kata ki Jhantit. Kamis (23/02/23).

Dan yang lebih istimewa lagi masih kata Ki Jhantit bahwa ritual wetonan tersebut satu satunya di Indonesia yang dilakukan dan diperingati oleh komunitas Sanggar Thiosofi Solo, tidak ada kelompok lain dari ormas maupun dari pemerintah yang memperingati Wetonan tersebut.

“Mungkin istilah Wetonan tersebut hanya dikenal oleh masyarakat jawa saja. Ya, mudah mudahan dikemudian hari ada kelompok masyarakat lain yang turut memperingati wetonan Negara Republik Indonesia tersebut”, pungkas Ki Jhantit.

Pewarta : Lilik Paryanto
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.