Universitas Jambi Raih Juara Pertama Lomba LKTI Nasional

  • Whatsapp

JAMBI, Beritategas.com – Universitas Jambi (UNJA) berhasil meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh Universitas Sumatera Utara (USU) berlangsung dari tanggal 29 Februari – 02 Maret 2024.

Rektor UNJA melalui Humas Mochammad Farisi, S.H. LL.M menyebutkan bahwa Perlombaan tersebut diadakan dalam rangka Rapat Kerja Wilayah I Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) Wilayah 1 Sumatera tahun 2024, Sabtu (09/03/2024).

Bacaan Lainnya

”Unja yang diwakili mahasiswa Fakultas peternakan Rizky Agus Dwi Setiawan, Rizky Ahmad Syarifil, dan Dedek Alin Desta alhamdulillah berhasil meraih juara 1, semoga keberhasilan ini dapat memotivasi dan menumbuhkan semangat bagi mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk terus berkarya,” ungkapnya.

Farisi menjelaskan bahwa perlombaan dimulai dengan seleksi paper atau karya, yang kemudian dipilih 5 finalis terbaik.
Dalam lomba tersebut tim Unja menghadapi delapan tim yang berasal dari berbagai perguruan tinggi.

“Setelah seleksi pertama, dipilih 5 finalis terbaik yaitu dari UNJA, Universitas Pembangunan Panca Budi, USU, Universitas HKPB Nomensen Medan, dan Politeknik Negeri Lampung. Selanjutnya finalis terpilih mempresentasikan karyanya dan langsung dinilai oleh juri dari akademisi dan praktisi,” ujarnya.

Persiapan yang dilakukan tim Unja yaitu dengan menyatukan pemikiran yang kemudian dituangkan dalam karya tulis ilmiah.

“Persiapan yang dilakukan tim yaitu menyatukan pemikiran yang kemudian di tuangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah, kemudian tim pahami dan pelajari lagi sehingga tim dapat mempresentasikan dengan sempurna,” pungkasnya.

Karya tulis ilmiah mahasiswa Peternakan UNJA mengangkat tema mengenai ‘Transformasi Produktivitas Peternakan Melalui Teknologi Digital’ khususnya dengan pemanfaatan Internet of Things (IoT), yang menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kinerja Industri Peternakan.

Seiring dengan perkembangan zaman, peternakan dihadapkan pada tekanan untuk meningkatkan produktivitas sambil tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan hewan. Dalam hal ini mahasiswa Peternakan UNJA menawarkan solusi yang menjanjikan melalui pemanfaatan teknologi seperti (IoT), analitika data, kecerdasan buatan (AI), dan sistem manajemen terpadu (ERP).
Produktivitas peternakan melalui teknologi digital dapat menjadi kunci dalam mewujudkan pertanian yang lebih berkelanjutan, efisien, dan menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat.

IoT adalah konsep dimana berbagai perangkat elektronik saling terhubung dan bertukar data melalui jaringan internet. Namun, IoT tidak hanya terbatas pada pengendalian perangkat dari jarak jauh. Lebih dari itu, IoT juga melibatkan pertukaran data antar perangkat, virtualisasi objek fisik ke dalam bentuk digital di internet, dan berbagai aplikasi lainnya.

Pemanfaatkan IoT, pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia dapat diotomatisasi, mempercepat proses, dan mengurangi kemungkinan kesalahan sehingga meningkatkan produktivitas dan kinerja secara keseluruhan.

“IoT memiliki potensi besar untuk mengubah berbagai aspek kehidupan manusia dan menghadirkan berbagai manfaat yang signifikan”.

Rizky dan timnya yang telah mengharumkan nama Univeritas Jambi khusus Program Studi Peternakan berhasil membawa pulang hadiah berupa tropi, sertifikat, dan uang pembinaan.

Kunjungi : www.unja.ac.id.

Pewarta : A.Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.