Rapat Teknis Koordinasi dan Sinkronisasi Program Bidang SDA, Ini Yang Dibahas

  • Whatsapp

PALEMBANG, Beritategas.com – Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Teknis Koordinasi dan Sinkronisasi Program Kegiatan provinsi Sumatera Selatan dan OPD Kabupaten/ Kota Bidang Sumber Daya Air Tahun 2025 yang digelar di Room Mahameru, Hotel Swarna Dwipa Palembang, Rabu (28/02/24).

Kegiatan rapat ini digelar selama 2 hari yang dihadiri oleh Dinas PU bidang SDA Kabupaten/ Kota. Rapat ini membahas tentang program di tahun 2025.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) provinsi Sumsel Ir. H. Herwan, MM melalui Sekretaris Dinas PSDA provinsi Sumsel Dr. Hj. Megawaty, ST, MT mengatakan, pada hari ini pihaknya mengadakan rapat teknis Koordinasi untuk mensinergikan program kegiatan SDA antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

“Kami mengundang dinas PU yang membidangi SDA di Kabupaten/ Kota. Rapat ini untuk mensupport program tahun 2025. Rapat ini dilaksanakan selama dua hari. Hari ini pembukaan sekaligus paparan dari Kepala Dinas PSDA juga Kepala Bappeda juga dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII”, ujarnya.

Lanjut, ia menuturkan bahwa saat ini pihaknya baru menyinkronkan program berdasarkan arahan dari kebijakan pembangunan Provinsi Sumsel. Besok baru dari Kabupaten/ Kota memaparkan secara langsung program apa saja yang dilaksanakan oleh Kabupaten/ Kota.

“Kita harapkan dengan rapat teknis ini kita bisa mengkolaborasi, menyatukan, mensinkronkan program SDA baik itu irigasi, rawa, sungai dan baik itu peningkatan pembangunan, pemeliharaan dan semuanya yang ada di Kabupaten/ Kota. Yang mana dikerjakan oleh Provinsi, Kabupaten/Kota dan Pusat”, katanya.

Masih dikatakannya, ada rencana di program 2025 besok (29/2) akan dibahas secara detail dan tekniknya ke OPD Kabupaten/ Kota. Misalnya ada yang rehab di daerah irigasi atau rawa karena yang tahu kondisi lapangan yaitu di lokasi daerah masing-masing. Terus mereka meminta usul ke Provinsi, setelah itu nanti disampaikan ke Bappeda mana yang bisa dimasukkan bantuan khusus Gubernur dan juga mana yang bisa dibantu oleh Pusat.

“Ada sebanyak 25 program di tahun 2025. Besok akan bahas lagi mengenai program tersebut dan apa ada usulan tambahan dari Kabupaten/ Kota. Untuk program unggulan di tahun 2025 yang prioritas yaitu pembangunan kolam retensi di Sjakhyakirti, irigasi gemuruh di Ogan Ilir”, pungkasnya.

Pewarta : Ervina Diniaty
Editor : Widiyo Prakoso

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.