Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Pengembangan SDM Di OKU Timur

  • Whatsapp

MARTAPURA, Beritategas.com – Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Usaha Mikro bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten OKU Timur menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro Berbasis Kompetensi dan Uji Sertifikasi Kompetensi Bidang Pengolahan Hasil Perikanan Kabupaten OKU Timur. Selasa (14/11/23).

Kegiatan ini terselenggara berdasarkan Surat Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor B.1279/D.2.4/UM.03.02/XI/2023.

Bacaan Lainnya

Diikuti oleh 30 peserta, kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. Adapun pelatihan ini dilaksanakan di Ballroom Graha Tani Hotel Parai Martapura mulai tanggal 13-17 November 2023.

Dalam sambutan dan arahannya, mewakili pemerintah, Wabup Yudha mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang telah memberikan kesempatan untuk masyarakat OKU Timur dalam mengembangkan pengetahuan dalam mengelola hasil perikanan.

“Kami sangat bangga karena pihak kementerian telah melirik OKU Timur untuk menyelenggarakan pelatihan ini”, tutur Wabup.

Pada kesempatan ini juga Wabup meminta kepada pihak kementerian untuk membantu para pelaku UMKM di Kabupaten OKU Timur dalam mencari market. Diakui Wabup bahwa mencari market salah satu kendala yang dialami oleh pelaku UMKM untuk memasarkan hasil produksinya.

“Hilirisasi sangat penting, jika kementerian ada rekanan di daerah lain mau menerima hasil produksi dari kami ini tentu sangat membantu kami”, lanjutnya.

Wabup berpesan kepada seluruh peserta untuk memaksimalkan kesempatan ini dan menjadi yang terbaik dalam mengelola hasil dari perikanan.

“Maksimalkan pelatihan ini, ambil seluruh ilmunya sehingga bisa menjadi suatu pijakan baru untuk ke depan dalam mengembangkan usaha masing-masing”, tegas Wabup.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi Pengembangan Usaha Mikro Kemenkopukm RI Rusmin Dempuri, S.Ip., M.Si. dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada Pemkab OKU Timur melalui Dinas Koperasi dan UKM atas terselenggaranya kegiatan ini.

Lebih lanjut, Rusmin menyatakan bahwa Kabupaten OKU Timur merupakan salah satu penghasil ikan air tawar terbesar di Provinsi Sumatra Selatan. Menurutnya, ini merupakan salah satu potensi yang bisa dijadikan peluang usaha.

“Dengan potensi yang ada, hasil ikan air tawar tersebut bisa kita olah menjadi suatu produk yang dapat menghasilkan”, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM H. Hasbullah, S.H., M.M. dalam sambutannya berharap agar kegiatan ini berkelanjutan agar dapat meningkatkan skill dan mengupgrade pengetahuan bagi pelaku UMKM.

“Terimakasih kepada kementerian, kami menerima baik apa yang disampaikan dan kami juga mengharapakan pada kesempatan lain upaya-upaya untuk meningkatkan pemahaman SDM dan pengetahuan bidang usaha mikro agar tetap berlanjut”, pungkasnya.

Pewarta : Liswan
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.