Peringati Hari Infanteri ke-72, Kodam XII/Tpr Gelar Karya Bakti

  • Whatsapp

MEMPAWAH – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Korps Infanteri TNI Angkatan Darat ke-72 tahun 2020, Kodam XII/Tanjungpura menggelar kegiatan karya bhakti yang dilaksanakan di wilayah Kodim 1201/Mempawah.

Kegiatan karya bhakti melibatkan personel dari Rindam XII/Tpr, Kodim 1201/Mph, Yonif Mekanis 643/Wns, Yonzipur 6/SD, Yonkav 12/BC, Brigif 19/KH, Satpol PP serta masyarakat. Adapun tema peringatan Hari Infanteri tahun ini, “Infanteri Profesional Kuat Bersama Rakyat”.

Danrindam XII/Tpr, Kolonel Inf Agus Widodo selaku koordinator kegiatan dalam keterangannya menjelaskan, ada pun sasaran karya bakti di antaranya pembersihan Pekong dan pembersihan Parit sepanjang 1 Km di Desa Sejegi, Mempawah Timur, pembersihan dan pengecatan Masjid Al-Furqon di Mempawah Hilir, pembersihan dan pengecatan Gereja Katolik Santo Yosep Mempawah Hilir.

Selanjutnya, memberikan penyuluhan tentang Covid-19 dan pelatihan penegakan disiplin Prokes kepada masyarakat Desa Sejegi di MAN 1 Mempawah dan Ponpes Bahrul Ulum Mempawah Timur.

Selain itu, juga dilaksanakan pembagian masker kepada masyarakat sejumlah 7.200 pcs yang dilaksanakan tersebar di jalan-jalan protokol di Kota Mempawah.

Kolonel Inf Agus Widodo mengatakan, kegiatan Karya Bhakti yang dilaksanakan oleh Kodam XII/Tpr ini adalah dalam rangka memperingati HUT ke-72 Korps Infanteri yang diperingati setiap tanggal 19 Desember.

Dijelaskan oleh Danrindam, Korp Infanteri merupakan bagian dari Angkatan Darat dan menurut sejarah Infanteri merupakan cikal bakal terbentuknya tentara di Indonesia yang sering dikenal dengan pasukan jalan kaki berjuang bersama Jenderal Besar Sudirman saat melaksanakan pertempuran di Ambarawa.

Selanjutnya menyampaikan, pada kegiatan karya bhakti kali ini, Kodam XII/Tpr melibatkan masyarakat. Hal ini untuk merefleksikan kembali bahwa sesuai sejarah tentara berasal dari rakyat.

“Dalam peringatan Hari Infanteri ini, kami sengaja melibatkan masyarakat dan komponen lainnya untuk melaksanakan karya bhakti sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi kesulitan masyarakat dan memelihara kemanunggalan TNI dan Rakyat,” tutup Kolonel Inf Agus Widodo, Rabu (16/12/2020).

Karya bhakti memperingati Hari Infanteri juga dihadiri oleh Kabaglat Rindam Xll/Tpr, Dandim dan Kasdim 1201/Mph, Camat Mempawah Timur, Camat Mempawah Hilir, Kades Sejegi serta Lurah Terusan. (Pendam XII/Tpr)

Editor : Firman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan