Perempuan Tua Tanpa Identitas ODGJ Ditemukan Sakit, Dievakuasi ke RSUD Kendal

  • Whatsapp

KENDAL, Beritategas.com – Seorang perempuan tua dengan gangguan jiwa (ODGJ) tanpa identitas ditemukan sakit di sebuah rumah kosong di Dusun Kalidukuh, Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean. Evakuasi dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal yang diwakili oleh tim dari Puskesmas Patean, Babinsa Desa Sidokumpul, relawan Patean, Pemerintah Desa Sidokumpul, dan masyarakat sekitar, Kamis (18/04/24).

Ari Rimbawanto selaku Kepala Desa Sidokumpul menjelaskan bahwa pihak desa hanya memberikan laporan kecamatan karena perempuan tersebut bukan warga Sidokumpul.

“Pemdes tidak mempunyai kewajiban yang lebih dari membuat laporan ke dinas terkait”, jelas Kepala Desa.

Sedangkan Salindo selaku Kadus Kalidukuh menceritakan bahwa perempuan tersebut sudah tinggal di rumah kosong selama sekitar 3 bulan dan makanan diberikan oleh warga sekitar.

“Beberapa hari ini dia tidak keluar dan warga curiga, jadi kami melihat keadaannya dan ternyata diam saja dan tidak makan. Oleh karena itu, kami anggap dia sakit dan langsung saya laporkan ke Pak Kades untuk segera dievaluasi ke rumah sakit”, tambah Salindo.

Suprih Santoso yang merupakan bagian kesehatan jiwa Puskesmas Patean, menangani evakuasi tersebut mengatakan bahwa dia hanya mengevakuasi perempuan tersebut sampai ke RSUD Kendal.

“Sebelum itu, saya harus membersihkan dan mengganti pakaiannya agar layak di RSUD. Ditahun ini baru kali ini saya mengevakuasi ODGJ tanpa identitas dan semoga tidak ada lagi”, tuturnya.

Sementara itu, Munawar selaku Ketua Relawan Patean, beberkan bahwa relawan selalu diajak oleh bagian kesehatan untuk mengevakuasi ODGJ.

“Kami selalu diajak oleh bagian kesehatan jiwa untuk bersama-sama mengevakuasi ODGJ baik tanpa identitas maupun yang identitas lengkap di daerah Patean. Kami membuka diri apabila ada warga yang membutuhkan kami. Alhamdulillah, tidak hanya untuk urusan ODGJ, tapi yang lain juga banyak yang kami tangani”, bebernya.

Setelah dibersihkan, dimandikan, dan diganti pakaian, ODGJ langsung dituntun warga untuk dinaikkan ke ambulance. Dikarenakan sudah dalam kondisi lemah, Babinsa Desa Sidokumpul Sertu Nuryanto dengan sigap langsung menggendong ODGJ ke ambulan.

“Ini tugas kami untuk selalu tanggap dan cepat membantu dan meringankan beban masyarakat”, pungkas Sertu Nuryanto.

Pewarta : Pujiono
Editor : Widiyo P

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.